Loading...
Loading…
9 Makanan dan minuman ini bantu atasi kebiasaan mendengkur saat tidur

9 Makanan dan minuman ini bantu atasi kebiasaan mendengkur saat tidur

Nasional | brilio.net | Minggu, 20 Maret 2022 - 17:30

Brilio.net - Sejumlah orang dapat mengalami kondisi mendengkur saat tidur. Hal ini memang sulit dihindari dan belum banyak yang tahu penyebabnya. Dilansir dari mayoclinic.org, mendengkur bisa disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan maupun kebiasaan sehari-hari.

Misalnya, seseorang yang memiliki penyakit sinusitis, kelebihan berat badan (obesitas), terlalu sering mengonsumsi alkohol, merokok, alergi, maupun dikarenakan oleh cuaca. Selain itu, bisa juga karena posisi kepala yang terlalu rendah saat tidur.

Selain dari menghentikan kebiasan minum alkohol dan merokok, untuk mengatasi dengkuran juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat. Diketahui, sejumlah makanan dan minuman tertentu bisa bantu menghilangkan kebiasaan mendengkur, lho.

Penasaran apa saja yang bisa dikonsumsi? Berikut sembilan makanan dan minuman yang bantu atasi kebiasaan mendengkur saat tidur, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Minggu (20/3). 1. Madu.

foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV

Sudah jadi rahasia umum jika madu sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan, madu juga mampu atasi kebiasaan mendengkur, lho. Dilansir dari india.com, madu bersifat anti-inflamasi untuk mengurangi penyumbatan area pernapasan yang menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. 2. Daun peppermint.

Baca Juga :
Perempuan Perlu Waspada, Mendengkur Bisa Jadi Tanda Adanya Silent Killer

foto: Pexels/Pixabay

Dilansir dari food.ndtv.com, daun peppermint juga mampu mengatasi dengkuran. Pasalnya, herbal satu ini bersifat anti soasmodik untuk mengurangi pembengkakan di hidung dan tenggorokan saat tidur. Kamu bisa minum teh daun peppermint sekaligus menghirup uap panasnya setiap sebelum tidur. 3. Bawang putih dan merah.

foto: Pexels/Karolina Grabowska

Bawang putih dan bawang merah baik dikonsumsi setiap hari. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com,kedua bawang ini punya aroma yang kuat untuk mencegah pernapasan kering dan tersumbat. Penelitian juga menemukan jika bawang merah dan putih bisa mengurangi pembengkakan pada amandel dan mencegah apnea tidur. Apnea tidur ini dikenal juga dengan gangguan tidur, yakni pernapasan yang berhenti sementara saat tidur dan bisa menyebabkan seseorang mendengkur. 4. Susu kunyit.

foto: Pexels/Karolina Grabowska

Kunyit bisa bersifat sebagai antibiotik dan antiseptik. Kedua sifat ini bisa atasi inflamasi serta mendengkur saat tidur, lho. Kunyit ampuh bikin pernapasan lancar saat tidur. Dilansir dari asonor.com, campurkan bubuk kunyit pada segelas susu hangat untuk dikonsumsi sebelum tidur. 5. Ikan.

Baca Juga :
Pemeriksaan Gigi Bantu Kenali Gangguan Tidur Pada Pria

foto: Pexels/Ruslan Khmelevsky

Buat yang sering mendengkur, kamu juga bisa lebih rutin mengonsumsi ikan tinggi omega-3, nih. Dilansir dari psychologytoday.com, omega-3 dari ikan bisa mengatasi inflamasi pada area pernapasan. Nah, otomatis, ikan pun bisa mencegah apnea tidur dan munculnya dengkuran. 6. Bawang bombay.

foto: Pexels/Karolina Grabowska

Bawang bombay pun bisa lebih sering kamu gunakan pada menu makananmu sehari-hari. Dilansir dari somnowell.com, bawang bombay juga memiliki aroma kuat untuk bantu hilangkan sumbatan pada alat pernapasan. Makanya bawang bombay juga bisa mencegah seseorang alami dengkuran. 7. Susu kedelai.

foto: Pexels/Anna Tarazevich

Kalau kamu punya intoleransi laktosa atau susu hewani, selain dapat menjadi menyebabkan alergi, laktosa juga membuat seseorang bisa mengalami kondisi mendengkur saat tidur, lho. Untuk itu, dilansir dari thestatesman.com, kamu bisa beralih mengonsumsi susu kedelai. 8. Nanas.

foto: Pexels/Brett Sayles

Buah nanas juga ampuh atasi dengkuran saat tidur, lho. Dilansir dari tree2mydoor.com, kamu bisa menaruh tanaman nanas di dalam kamarmu untuk membantu lancarkan pernapasan saat tidur. Cara kerjanya, nanas bisa mengeluarkan enzim ke udara dan membantumu bernapas saat tidur dan mencegah dengkuran. 9. Teh jahe.

foto: Pexels/Ahmed Aqtai

Teh jahe maupun minuman jahe lainnya yang hangat juga cocok dikonsumsi untuk atasi kebiasaan mendengkur. Hal ini disebabkan oleh sifat jahe yang bisa jadi anti-inflamasi dan antibakteri untuk meredakan tenggorokan dan mencegah dengkuran. Dilansir dari timesofindia.com, konsumsi teh jahe setidaknya dua kali sehari bisa bikin tidurmu tak lagi mendengkur. Kamu pun bisa mencampurkannya dengan madu, lho.

Original Source

Topik Menarik