Hotel di Senggigi Penuh, Didominasi Wisatawan Domestik Penonton MotoGP

Hotel di Senggigi Penuh, Didominasi Wisatawan Domestik Penonton MotoGP

Nasional | lombokpost | Sabtu, 19 Maret 2022 - 16:09
share

GIRI MENANG -Tamu hotel di kawasan wisata Senggigi sebagian besar merupakan penonton MotoGP Mandalika. Mereka didominasi wisatawan domestik.

Kurang lebih itu 95 persen tamu hotel event MotoGP yang menginap merupakan wisatawan domestik, kata Ketua Senggigi Hotels Association I Ketua M Jaya Kusuma pada Lombok Post, Jumat (18/3/2022).

Ia menjelaskan, tamu mancanegara yang datang memang tidak banyak. Diperkirakan kurang dari lima persenan. Bahkan mungkin tamu mancanegara ini bisa saja yang ekspatriat di sini, jelasnya.

Namun, ia tidak memungkiri adanya gelaran MotoGP Mandalika 2022 membawa dampak positif bagi perhotelan. Apalagi sektor ini sangat terdampak saat pandemi Covid-19, 2020 lalu.

Memang sudah full booking sejak dua bulan lalu. Bahkan full booking ini rata-rata di semua hotel Senggigi, terangnya.

Ia memastikan, para tamu sudah melakukan pemesanan dan pembayaran sejak beberapa bulan sebelum event MotoGP. Hampir semua hotel sudah tidak bisa terima bookingan lagi. Selama gelaran event MotoGP ini total kamar dua ribu hotel berbintang di Senggigi sudah penuh hingga hari ketiga MotoGP, tambahnya.

Dijelaskan, tamu ini mulai datang pada H-2 gelaran MotoGP. Namun ramainya kedatangan tamu dan melakukan check in terjadi Jumat (18/3).

Ada perorangan atau rombongan sudah melakukan check in hari (Jumat, 18/3) ini dan tamunya sedang berkunjung ke Sirkuit Pertamina Mandalika, terangnya.

Kedatangan tamu event MotoGP Mandalika sudah disiapkan semua hotel sejak tiga bulan lalu. Mereka melakukan maintenance dan persiapan untuk menyambut tamu.

General Manager Hotel Aruna Senggigi Weni Kristanti mengatakan, persiapan hotel menyambut tamu MotoGP sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Koordinasi juga dilakukan dengan semua pimpinan hotel yang ada di Kawasan Senggigi.

Okupansi penuh untuk tiga hari gelaran MotoGP, kata dia. (nur /r3 )

Topik Menarik