Loading...
Loading…
Ukraina Mau Damai? Wajib Penuhi 4 Syarat Ini dari Vladimir Putin

Ukraina Mau Damai? Wajib Penuhi 4 Syarat Ini dari Vladimir Putin

Nasional | reqnews.com | Sabtu, 19 Maret 2022 - 04:04

JAKARTA, REQnews - Presiden Rusia Vladimir Putin membuka peluang damai dan penghentian invasi kepada Ukraina, namun ada syaratnya.

Kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Putin menyebut ada empat tuntutan yang wajib dijalankan Ukraina bila ingin invasi selesai.

Menurut keterangan penasihat utama Erdogan, Ibrahim Kalin, syarat dari Putin sebenarnya tidak berat dipenuhi Ukraina.

Mengutip BBC , Jumat 18 Maret 2022, syarat yang pertama adalah Ukraina harus netral dan tidak bergabung dengan NATO. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sudah mengatakan negaranya tidak akan jadi anggota NATO.

Ukraina harus menjalani proses pelucutan senjata untuk memastikan persenjataan itu tidak menjadi ancaman bagi Rusia. Kemudian harus ada perlindungan terhadap bahasa Rusia di Ukraina. Setelah itu ada yang disebut de-Nazifikasi.

Kedua, Putin ingin bertemu langsung dengan Zelenskiy untuk membicarakan syarat ini.

Lalu yang ketiga menurut Kalin, antara Erdogan dan Putin terjadi percakapan terkait wilayah Donbas sebelah timur Ukraina yang kedua negara saling memperebutkan.

Selanjutnya adalahadalah status dari Krimea. Meski Kalin tidak merinci, asumsinya adalah Rusia akan meminta pemerintah Ukraina menyerahkan sepenuhnya wilayah sebelah timur mereka. Itu akan memicu perdebatan panjang

Baca Juga :
Jokowi Ungkap Obrolan Telepon dengan Putin Mengenai Perang Rusia-Ukraina

Ukraina kemungkinan akan didesak mengakui bahwa Krimea sudah dilepas dan diserahkan kepada Rusia, yang telah melakukan pencapolokan di wilayah tersebut sejak 2014.

Original Source

Topik Menarik