Loading...
Loading…
Akun @Afutami Digeruduk Warganet Usai Dukung Pernikahan Beda Agama Stafsus Jokowi

Akun @Afutami Digeruduk Warganet Usai Dukung Pernikahan Beda Agama Stafsus Jokowi

Nasional | republika | Jumat, 18 Maret 2022 - 15:59

JAKARTA -- Seorang warganet pemilik akun @Afutami mengapresiasi pelaksanaan pernikahan beda agama antara Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian. Status Andhyta F Utami tersebut akhirnya menuai kontroversi lantaran menimbulkan pro kontra di jagat lini masa.

Status tersebut akhirnya viral dan menjadi perbincangan lantaran dianggap mendukung pernikahan beda agama. Cicitan tersebut sudah disukai ribuan akun, namun juga mendapat quote tweets dan repply dari ribuan akun lainnya.

Afu menulis, pernikahan beda agama Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian pagi ini membuat hatinya penuh. Bagi dia, Ayu bukan hanya memperjuangkan toleransi di mulut sebagai stafsus, tapi sesungguh-sungguhnya menjalankan dalam berkeluarga. Bagi Afu, agama dan pernikahan memang seharusnya tentang cinta kasih.

"Momen paling menggugah untuk saya: ketika akad, alih-alih diam sebagaimana tradisi, Ayu bicara meminta ayah menikahkan mereka. Untuk saya, ini revolusi di mana 'ijab kabul' berubah dari sekadar serah-terima perempuan sebagai objek dari ayah ke suami, tapi pilihan," ujarnya melalui akun Twitter di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Belum lagi, sambung dia, misa pemberkatan mereka setelahnya dilakukan oleh seorang uskup di Katedral. "Ayu dan Gerald membuka pintu-pintu kemungkinan baru for the rest of us, tentang bagaimana pernikahan dalam agama diinterpretasikan, tentang bagaimana kemanusiaan dipraktikkan," ucap Afu.

Baca Juga :
Menggelegar! Omongan Netizen Soal Penikahan Beda Agama Stafsus Presiden Jokowi: Zina Seumur Hidup!

Akun @roe_endog pun menimpali status yang dibuat @Afutami. "Tapi bukannya negara juga melarang ya mbak pernikahan beda agama? Apa memurut mbak artinya negara tidak toleransi?" ujarnya.

Akun @Oraririkho juga menulis, "Please jangan semua dibawa-bawa dengan kata toleransi ah, karena menciptakan kesan yang nikah seagama itu intoleran. Saya gak punya kapasitas untuk memberikan pendapat tentang nikah beda agama, tapi yang namanya cinta kasih itu ya gak sekadar semua bisa bersama."

Akun @doremifhaa ikut bertanya tentang praktik menikah beda agama di Indonesia. "Emang bisa ya nikah dua kali begitu? Bisa sah di mata negara? Apa sah juga di mata masing2 agamanya? Serius tanya.."

Jagat dunia maya digegerkan pernikahan Staf Khusus Milenial Joko Widodo (Jokowi), Ayu Kartika Dewi (39 tahun) yang menikah dengan Gerald Bastian. Pernikahan itu mendapat sorotan di publik lantaran keduanya merupakan pasangan beda agama. Ayu pun mengunggah agenda akad nikah dan pemberkatan di akun Instagram -nya.

Baca Juga :
Geleng-geleng Lihat Staf Khusus Jokowi Nikah Beda Agama, Haris Pertama Nyinyir: Apa Dia Mengerti…

Adapun pelaksanaan akad nikah diadakan di Hotel Borobudur, dan acara pemberkatan dihelat di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (18/3/2022) pukul 10.00 WIB. Dari siaran Youtube , usai melaksanakan akad nikah, Ayu dan Gerald mengikuti pemberkatan yang dilakukan oleh uskup. Ayu pun tetap memakai jilbab saat pemberkatan dilakukan.

Original Source

Topik Menarik

{