Tips Hilangkan Kantong Mata dengan Cara Alami, Salah Satunya Cukupi Cairan Tubuh

Tips Hilangkan Kantong Mata dengan Cara Alami, Salah Satunya Cukupi Cairan Tubuh

Nasional | bukamatanews | Jum'at, 18 Maret 2022 - 06:00
share

BUKAMATA Ada beberapa cara menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam yang dapat dicoba, terutama bagi Anda yang sering kelelahan atau kurang tidur. Meski tidak berbahaya, kantong mata dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa membuat penampilan jadi tidak segar.

Kantong mata dan lingkaran hitam di area mata, atau dikenal juga dengan istilah mata panda, dapat muncul seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena penuaan dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat lebih kendur.

Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman dengan munculnya kantong mata yang disertai dengan lingkaran hitam di bawahnya. Apalagi jika keluhan tersebut telah menyebabkan mata mengalami pembengkakan ringan.

Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah perawatan sederhana berikut ini.

1. Gunakan kompres dingin

Mengompres mata diketahui ampuh untuk mengurangi mata bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Anda dapat mengompres mata dengan lap bersih yang telah direndam air dingin atau dibungkus es. Kompres mata selama 1015 menit.

Selain dengan air dingin atau es, Anda juga bisa mengompres mata dengan kantong teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

2. Perbaiki pola tidur

Kantong mata dan mata panda dapat muncul jika Anda kurang tidur atau kelelahan. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 79 jam setiap malamnya.

Posisi tidur tertentu juga bisa mengatasi kantong mata yang Anda alami. Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Anda bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara ini diketahui dapat mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat Anda tidur.

3. Hindari minuman beralkohol dan berkafein

Minuman beralkohol dan berkafein diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein agar kantong mata bisa cepat hilang.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat mencegah terbentuknya kantong mata. Selain itu, agar terhindar dari retensi cairan, Anda dapat mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung banyak garam.

5. Penuhi asupan kalium tubuh

Memenuhi asupan kalium juga dapat mengurangi risiko terbentuknya kantong mata. Ada beberapa sumber makanan yang mengandung kalium, antara lain pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau.

6. Gunakan krim khusus mata

Krim mata mengandung chamomile, mentimun, atau arnica juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Selain itu, krim mata dengan kandungan vitamin C, vitamin K atau vitamin E, juga dapat menghilangkan kantong mata.

7. Gunakan tabir surya

Hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30. Penggunaan concealer yang memiliki warna lebih terang dari warna kulit Anda, juga dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Anda disarankan untuk menggunakan concealer dengan SPF 15 atau lebih. Jika kulit Anda cenderung berminyak atau berjerawat, gunakan concealer bebas minyak.

Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter jika kantong mata yang muncul tak kunjung hilang, semakin besar atau meluas, atau disertai keluhan lain, seperti iritasi mata dan pembengkakan yang parah pada mata.

Topik Menarik