ESA Hentikan Kerja Sama dengan Rusia dalam Misi ExoMars

ESA Hentikan Kerja Sama dengan Rusia dalam Misi ExoMars

Nasional | beritabaru.co | Kamis, 17 Maret 2022 - 17:17
share

Berita Baru, Paris Badan Antariksa Eropa atau ESA hentikan kerja sama dengan Rusia dalam misi ExoMars yang rencananya akan dilakukan pada bulan September 2022. Keputusan resmi itu muncul sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Dewan ESA, pada akhir pertemuan terakhirnya 17 Maret, dengan suara bulat memilih untuk menangguhkan kerja sama dengan Rusia dalam misi ExoMars, dengan alasan kemustahilan saat ini untuk melaksanakan kerja sama yang sedang berlangsung dengan Roscosmos, menurut pernyataan ESA.

Kami sangat menyesalkan korban manusia dan konsekuensi tragis dari agresi terhadap Ukraina, kata ESA dalam pernyataannya. Sambil mengakui dampak pada eksplorasi ilmiah luar angkasa, ESA sepenuhnya selaras dengan sanksi yang dikenakan pada Rusia oleh Negara-negara Anggotanya.

Dewan menginstruksikan Direktur Jenderal ESA Josef Aschbacher memulai studi industri jalur cepat untuk melihat alternatif peluncuran misi, yang akan menempatkan penjelajah Rosalind Franklin buatan Eropa di Mars.

Pengumuman itu hampir tak terelakkan setelah ESA mengumumkan 28 Februari bahwa sangat tidak mungkin akan melanjutkan peluncuran akhir September dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan karena sanksi Eropa yang dikenakan pada Rusia sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Rencananya, Rusia tidak hanya menyediakan peluncuran tetapi juga platform pendaratan yang disebut Kazachok yang akan mengantarkan rover ke permukaan Mars.

Pernyataan ESA tidak menjelaskan apa yang akan terjadi dengan Kazachok.

Atas keputusan tersebut, peluncuran rover kemungkinan akan ditunda setidaknya hingga 2024 dan bisa lebih, tergantung pada pengaturan peluncuran apa yang dapat dibuat agensi dan apakah perlu mencari pengganti Kazachok.

Pernyataan itu tidak membahas potensi biaya tambahan yang mungkin ditimbulkan oleh keputusan itu bagi ExoMars dan pengaruhnya terhadap program ESA lainnya.

Pernyataan itu juga membahas keputusan Rusia pada 26 Februari untuk menghentikan peluncuran Soyuz dari Guyana Prancis dan menarik personelnya di sana sebagai tanggapan atas sanksi Eropa.

Keputusan itu menempatkan lima misi Eropa dalam limbo: dua peluncuran satelit navigasi Galileo, observatorium ruang angkasa Euclid ESA dan satelit ilmu Bumi EarthCARE, dan satelit pengintai Prancis.

Pernyataan ESA mengatakan bahwa Aschbacher telah memulai penilaian tentang layanan peluncuran alternatif potensial untuk misi ini, yang akan mencakup tinjauan penerbangan eksploitasi pertama Ariane 6.

Peluncuran Ariane 6 pertama, yang dijadwalkan tidak lebih awal dari paruh kedua tahun ini, saat ini direncanakan untuk membawa berbagai macam pesawat ruang angkasa swasta dan pendidikan dan instrumen, bersama dengan simulator massal.

Topik Menarik