Polisi bersama Tokoh Masyarakat Luncurkan Alat Cekal Ranmor

Polisi bersama Tokoh Masyarakat Luncurkan Alat Cekal Ranmor

Nasional | jawapos | Kamis, 17 Maret 2022 - 15:15
share

JawaPos.com Polrestro Jakarta Barat meluncurkan program Cegah Tangkal Pencurian Sepeda Motor (Cekal Curanmor). Adanya program ini diharapkan dapat mencegah aksi pencurian sepeda motor yang selama ini meresahkan warga khususnya wilayah Jakarta Barat.

Kapolrestro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady mengatakan pihaknya membuat program yang diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan mendukung tugas kepolisian. Pihaknya bersama tiga pilar meluncurkan alat saklar pemutus yang berfungsi untuk mencegah aksi pencurian sepeda motor yang marak terjadi.

Alat saklar sebagai kunci ganda pengamanan pada sepeda motor ini diharapkan mampu mengurangi kasus pencurian yang marak terjadi, kata Ady, (17/3).

Sesuai intruksi Kapolri dan Kapolda, jajaran untuk menyempatkan waktu bertemu dengan warga. Dari hal itu bisa didapat beberapa potensi masyarakat, salah satunya alat saklar pemutus yang merupakan karya UMKM. Artinya selain melakukan pencegahan curanmor, kegiatan ini sekaligus membantu serta mendukung para UMKM.

Cegah tangkal curanmor merupakan program kita bersama dengan melibatkan Tokoh Pemuda Jakarta Barat yakni Umar Abdul Azis dan diinisiasi Polsek Kembangan. Kita tahu bersama banyak terjadi curanmor di wilayah kita tentunya ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena ini bagian dari pada tindakan atau kegiatan pencegahan pencurian motor, terangnya.

Setidaknya kata Ady, dengan adanya kunci ganda, saklar on/off, pengaman ini dapat memberikan keamanan pada pemilik kendaraan. Harganya pun sangat terjangkau.

Kalau kita lihat tadi, fungsinya cukup baik, meski lampu kondisi nyala, mesin tidak bisa dinyalakan. Dan setidaknya memperhambat kerja para pelaku pencurian motor. Dan harganya pun terjangkau berkisar Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu untuk pemasangannya, jelasnya.

Sementara, Tokoh Pemuda Jakarta Barat, Umar Abdul Azis menambahkan alat tersebut merupakan karya para teknisi dari bengkel kecil yang ada di wilayah Kembangan, Jakarta Barat. Nantinya, temuan itu akan diajukan sebagai produk UMKM dan dipasarkan untuk umum.

Tadi sudah kita sampaikan ke pak Camat agar dapat dijadikan produk UMKM dan akan diajukan, kata Umar.

Kendati demikian, Umar tetap mengimbau kepada warga khususnya wilayah Kembangan untuk tetap waspada terhadap aksi pencurian sepeda motor. Warga diminta untuk mengunci ganda apabila ingin istirahat di dalam rumah. Semoga alat ini bisa mencegah kejahatan curanmor yang selamana ini mersahkan warga, tutupnya.

Topik Menarik