Polda Jatim Gandeng BNPT Antisipasi Terorisme

Polda Jatim Gandeng BNPT Antisipasi Terorisme

Nasional | jawapos | Kamis, 17 Maret 2022 - 12:11
share

JawaPos.com Polda Jatim gandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk menanggulangi terorisme di Jawa Timur.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan, BNPT telah melakukan perang melawan terorisme. Salah satunya dengan mengembangkan program bersifat pentahelix dengan cara melakukan pendekatan kepada akademisi, pemerintah, pengusaha, media sosial, dan komunitas.

Ada 5 provinsi yang menjadi prioritas dalam penanganan BNPT. Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan NTB. Sedangkan wilayah Jatim yang perlu diatensi antara lain, Lamongan, Magetan, Surabaya, dan Malang, jelas Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Dia menambahkan, BNPT juga meningkatan kegiatan pencegahan dan meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi idealisme terorisme berbasis kekerasan. Termasuk di Jatim sehingga konstitusi negara dapat terselamatkan.

Dimohon Polda Jatim membantu BNPT untuk melakukan penguatan media sosial untuk memerangi terorisme dan radikalisme agar tidak dapat mempengaruhi masyarakat, kata Boy Rafli Amar.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengharapkan ke depan antara BNPT dan Polda Jatim dapat bersinergi terus dalam menangani radikalisme dan terorisme di Jatim. Polda Jatim akan mendukung dan menindaklanjuti segala kegiatan maupun atensi BNPT terkait kegiatan penanganan dan penangulangan terkait radikalisme dan terorisme.

Media sosial menjadi bagian penting dalam menghadapi, radikalisme dan terorisme. Polda Jatim akan terus berdiskusi dan berkoordinasi terkait perlunya pengelolaan pemberitaan atau penyampaian informasi ke publik. Baik lewat Humas Polri, Sie Penerangan Kodam, Dinas Kominfo Pemprov juga Organisasi Kewartawanan di Jatim, papar Nico.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan yang sudah dilakukan Polda Jatim dalam penanganan radikalisme dan terorisme adalah melaksanakan kegiatan pendidikan, pencegahan dan penegakkan hukum dengan bekerja sama dalam semua unsur.

Selain kepala BNPT, hadir pula dalam kegiatan tersebut antara lain Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Ibnu Suhaendra, Dir Kerja Sama Bilateral BNPT Brigjen Pol Cris Erlangga, Dir Penindakan BNPT Brigjen Pol Mochamad Rosidi, serta Pejabat Utama Polda Jatim.

Topik Menarik