Dewan Komisaris ESSA Mundur Lagi Kali ini TP Rachmat, Apa Alasannya?

Dewan Komisaris ESSA Mundur Lagi Kali ini TP Rachmat, Apa Alasannya?

Nasional | law-justice.co | Rabu, 16 Maret 2022 - 14:20
share

Pengunduran diri anggota Dewan Komisaris PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) kembali terjadi. Kali ini, sosok yang mengundurkan diri dari jajaran Dewan Komisaris ESSA adalah Theodore Permadi Rachmat.


Pengunduran diri TP Rachmat diumumkan perusahaan tepat di hari pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu (16/3/2022). Dalam keterbukaan informasi, ESSA menyebut rencana pengunduran diri TP Rachmat telah disampaikan per 16 Maret 2022.

"Pada tanggal 16 Maret 2022 Bapak Theodore Permadi Rachmat telah mengajukan rencana pengunduran diri Beliau selaku Wakil Presiden Komisaris PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) dan akan efektif pada tanggal pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan," tulis perseroan.

Pengunduran diri TP Rachmat dilakukan dua bulan pasca Garibaldi Thohir atau Boy Thohir melakukan hal serupa. Per 17 Januari lalu, Boy Thohir mengundurkan diri dari jabatan sebagai Komisaris ESSA.

Dalam RUPSLB yang digelar ESSA hari ini, perseroan telah menerima pengunduran diri Boy Thohir dan mengangkat Arif Rachmat sebagai Komisaris baru hingga 2026. Arif Rachmat diketahui merupakan anak dari TP Rachmat.

Selain itu, ESSA juga melakukan perubahan susunan anggota direksi perseroan. Perubahan pertama, ESSA mengangkat Direktur perusahaan Kanishk Laroya sebagai Wakil Presiden Direktur hingga 2026. Kedua, perusahaan mengangkat VP Finance Prakash Chand Bumb menjadi Direktur.

Sebagai informasi, Komisaris baru ESSA yaitu Arif Rachmat adalah sosok yang kini menjabat sebagai Komisioner PT Gema Wahana Jaya. Dia merupakan Co-Founder, Direktur, Komisioner, Presiden Direktur, dan Executive Chairman PT Triputra Agro Persada Tbk pada 2008 - 2021.

Lulusan Cornell University, New York, AS ini rangkap jabatan sebagai Presiden Komisaris di PT Autopedia Sukses Lestari Tbk dan PT Triputra Agro Persada Tbk. Dia juga masih menjabat posisi Komisaris PT Kirana Megatara Tbk dan PT Dharma Satya Nusantara Tbk.

Adapun di jajaran dewan komisaris saat ini ada juga Hamid Awaludin sebagai Presiden Komisaris dan Komisaris Independen, Komisaris Rahul Puri dan Komisaris Independen Ida Bagus Rahmadi Supancana.

Sedangkan di jajaran dewan direksi, ada juga Chander Vinod Laroya sebagai Presiden Direktur, serta tiga orang Direktur yakni Ida Bagus Made Putra Jandhana, Isenta Hioe dan Mukesh Agrawal.

Topik Menarik