Bacaan Niat Ganti Puasa Ramadan Lengkap dengan Artinya

Bacaan Niat Ganti Puasa Ramadan Lengkap dengan Artinya

Nasional | jawapos | Senin, 14 Maret 2022 - 12:22
share

JawaPos.com Bulan suci Ramadan segera tiba. Pada bulan tersebut, umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Semakin dekatnya bulan suci Ramadan, mengingatkan kepada banyak pihak yang masih memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, jika seseorang meninggalkan puasa saat Ramadan dengan alasan apapun, maka diwajibkan mengganti puasa tersebut di lain waktu. Hal ini biasa disebut dengan puasa qadha.

Puasa qadha dilakukan sebanyak batalnya puasa orang tersebut. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT di dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 184.

Adapun niat puasa qadha yakni Nawaitu shauma ghadin an qadhI fardhi syahri Ramadhna lillhi tal. Artinya, aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadan esok hari karena Allah SWT. Niat tersebut dibaca pada malam hari sebelum melaksanakan puasa qadha.

Dalam Alquran dijelaskan, jika ada 4 golongan yang diperbolehkan meninggalkan puasa Ramadan. Yakni orang sakit, orang dalam perjalanan jauh, lansia, dan perempuan hamil atau menyusui.

Dari 4 golongan tersebut, terdapat 3 golongan yang biasanya sulit melakukan puasa qadha. Yaitu lansia, orang sakit, dan perempuan hamil dan menyusui. Terhadap mereka dibolehkan membayar fidyah untuk mengganti puasanya. Fidyah yaitu memberi makan fakir miskin di sekitarnya.

Topik Menarik