Dirjen Dikti Siapkan Anggaran Pembangunan Kampus ITH Parepare 12 Milyar

Dirjen Dikti Siapkan Anggaran Pembangunan Kampus ITH Parepare 12 Milyar

Nasional | bukamatanews | Senin, 14 Maret 2022 - 09:28
share

PAREPARE, BUKAMATA - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Prof Ir Nizam melakukan kunjungan kerja ke Kota Parepare, Minggu, (13/0/2022).

Dirjen Dikti bersama rombongan di antaranya Direktur Sumber Daya Dirjen Dikti, Mohammad Sofwan Effendi, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulsel, Sulbar, Sultra (Sultan Batara) Andi Lukman hadir untuk berdiskusi dengan jajaran Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH), Pemerintah Kota Parepare, terkait pengembangan ITH di Parepare.

Pertemuan berlangsung di Rektorat ITH, eks Kantor BKPSDMD Parepare, dan berlanjut peninjauan sarana dan prasarana di Kampus II ITH, eks Gedung Pemuda, Jalan Pemuda, Parepare.

Dalam pertemuan itu tersebut, Dirjen Dikti mengaku menyiapkan anggaran perencanaan pembangunan untuk pengembangan Kampus ITH, sekaligus menguatkan dukungan penuh Dirjen Dikti untuk operasional dan pengembangan ITH di Parepare. Bahkan, dikabarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ITH untuk tahun ini dianggarkan senilai Rp12 miliar.

Sementara itu, Pemkot Parepare menyiapkan bantuan hibah untuk ITH tahun ini senilai Rp1,8 miliar. Itu dengan estimasi untuk membiayai tiga Program Studi (Prodi) di ITH. Masing-masing satu Prodi dianggarkan Rp600 juta.

Pastinya semakin tumbuh dan berkembang, semakin banyak mahasiswa tentu supporting akan semakin besar. Kita akan lihat terus perkembangan ITH ke depan, kata Prof Nizam saat meninjau eks Gedung Pemuda yang direncanakan jadi Kampus II ITH.

Dukungan Dirjen Dikti ini juga semakin menguatkan Parepare menuju Kota Industri Pendidikan. Karena mulai tahun ini ITH akan menerima mahasiswa angkatan pertama.

Rencananya pada penerimaan perdana ini ITH akan membuka tiga Program Studi (Prodi). Masing-masing Prodi Matematika, Prodi Sistem Informasi, dan Prodi Teknik Informatika. Prodi Matematika menerima 80 mahasiswa, Prodi Sistem Informasi 120 mahasiswa, dan Prodi Teknik Informatika 160 mahasiswa. Total ada 360 mahasiswa yang diterima untuk angkatan pertama ini.

Sementara Rektor ITH Prof Ansar Suyuti mengatakan, proses penerimaan mahasiswa akan dimulai Juni 2022.Rencananya, Prodi Matematika akan terima 80 mahasiswa, Sistem Informasi 120 mahasiswa, dan Teknik Informatika 160 mahasiswa

Kehadiran Bapak Dirjen Dikti bersama rombongan di Parepare, tentunya akan semakin menguatkan semangat kita untuk mengembangkan ITH. Insya allah tahun ini mulai menerima mahasiswa," ungkap Ansar Suyuti.

Selama di Parepare, rombongan tersebut turut didampingi Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe hadir bersama Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad, Asisten I Hj Amina Amin, Asisten II Suriani, Asisten III Eko W Ariyadi.

Ditempat terpisah, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang menginisiasi lahirnya ITH mengaku memberikan perhatian serius untuk segera beroperasinya ITH.

Insya allah ITH Parepare akan segera beroperasi. Dan mewujudkan mimpi-mimpi kita menjadikan Parepare mercusuar pendidikan. Mewujudkan Parepare kota industri tanpa cerobong asap, demikian Taufan Pawe.

Topik Menarik