Jokowi Dijadwalkan Lakukan Prosesi Penyatuan Tanah dan Air di Titik Nol IKN

Jokowi Dijadwalkan Lakukan Prosesi Penyatuan Tanah dan Air di Titik Nol IKN

Nasional | republika | Senin, 14 Maret 2022 - 09:05
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo akan mengunjungi Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Di sana, Jokowi direncanakan untuk melakukan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara melalui ritual Kendi Nusantara.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan persnya di Balikpapan pada Ahad malam (13/3/2022) menjelaskan, tanah dan air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh gubernur dari masing-masing provinsi.

"Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah di mana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing dan budaya masing-masing. Nanti di sana para gubernur akan menyerahkan kepada Bapak Presiden dan Bapak Presiden akan menuangkan di gentong yang sudah kami siapkan menjadi satu dari 34 provinsi," ujar Heru.

Selain bersama para gubernur se-Indonesia, Presiden juga melakukan prosesi ini bersama tokoh masyarakat setempat. Menurut Heru, prosesi ini dilakukan untuk memanjatkan doa bersama agar pelaksanaan program besar pembangunan IKN ini dapat berjalan lancar dan mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Usai acara tersebut, Jokowi dan para gubernur juga dijadwalkan untuk melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Dalam kesempatan tersebut, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Kemudian pada malam harinya, Presiden direncanakan bermalam di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Topik Menarik