Ukir Sejarah Monumental dengan Berkemah, Presiden Jokowi Menuju Titik Nol Kilometer IKN

Ukir Sejarah Monumental dengan Berkemah, Presiden Jokowi Menuju Titik Nol Kilometer IKN

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 14 Maret 2022 - 00:01
share

Jakarta - Presiden Joko Widodo beserta Iriana Joko Widodo bertolak menuju Kalimantan Timur, Minggu, untuk selanjutnya mengunjungi titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) dan berencana bermalam di lokasi tersebut pada Senin (14/3).

Sebagaimana keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden bersama rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Presiden berencana langsung menuju hotel tempatnya bermalam untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Esok hari, Senin (14/3), Presiden diagendakan untuk menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara. Kepala Negara akan melakukan serangkaian agenda kerja dan bermalam di lokasi tersebut.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Terkait kunjungan Presiden ke Kaltim, Gubernur Kaltim Isran Noor sebelumnya menjelaskan Presiden Jokowi bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan akan bermalam di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tepatnya di Penajam Paser Utara.

Isran mengatakan sarana dan prasarana sudah dipersiapkan, baik jaringan listrik, telekomunikasi maupun yang lainnya termasuk tenda dan perlengkapan yang akan dipakai presiden menginap.

"Alhamdulillah persiapan sudah sudah dikerjakan, dan pada hari H nya nanti sudah 100 persen dan kemah sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan. Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo," kata Isran Noor, Jumat (12/3).

Isran menjelaskan pada acara tersebut juga di undang gubernur seluruh Indonesia dan setiap gubernur yang hadir diwajibkan memakai pakaian adat masing-masing provinsi.

"Karena ini ibu kota negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi, namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara," ungkap Isran.

Topik Menarik