Istana: Presiden Bermalam dengan Tenda Sederhana di IKN

Istana: Presiden Bermalam dengan Tenda Sederhana di IKN

Nasional | sindonews | Minggu, 13 Maret 2022 - 21:59
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama 34 Gubernur se-Indonesia direncanakan berkemah dan menginap di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kegiatan kemah akan berlangsung sejak Senin 14 hingga Selasa 15 Maret 2022.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menuturkan, kegiatan kemah yang dilakukan oleh Kepala Negara dilakukan dengan apa adanya dan sederhana. "Kami ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya. Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana," ujar Heru dalam konferensi pers, Minggu (13/3/2022).

Kendati demikian, dia memastikan kesederhanaan tersebut tidak mengurangi tingkat keamanan dari eks Wali Kota Solo tersebut. "Tenda sederhana, dan lain-lain tentunya tidak mengurangi keamanan beliau," ungkapnya.

Heru menuturkan, setelah bermalam pada Senin harinya, Presiden Jokowi akan melakukan beberapa kegiatan lain di keesokan harinya, Selasa (14/3/2022). Salah satunya yaitu meninjau beberapa titik penghijauan yang telah disiapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Di hari kedua itu, Bapak Presiden akan melihat beberapa lokasi antara lain lokasi nursery yang sudah disiapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk segera melakukan penghijauan dan penanaman pohon di berbagai titik lokasi, dan tentunya ada beberapa kegiatan lainnya. Intinya seperti itu," katanya.

Selama menginap, Presiden akan didampingi oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto, dan Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Selain itu ada pula beberapa tokoh adat yang diundang dalam kegiatan tersebut. Namun, tidak dibeberkan detail oleh Heru. "Di hari selasanya itu beliau akan meninjau dan tentunya menginap di lokasi IKN bersama unsur masyarakat. Ada beberapa tokoh yang diundang, dan Gubernur Kaltim, Pak Pangdam dan Pak Kapolda akan mendampingi beliau," ungkapnya.

Topik Menarik