Jokowi Berkemah di IKN, 2.064 Personel Pengamanan Disiagakan

Jokowi Berkemah di IKN, 2.064 Personel Pengamanan Disiagakan

Nasional | sindonews | Minggu, 13 Maret 2022 - 21:41
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kegiatan camping di titik nol lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim), bersama dengan jajaran menteri dan gubernur pada 13-15 Maret 2022.

Terkait kegiatan ini, Pam VVIP yang terdiri dari gabungan TNI, Polri dan pemerintah daerah (pemda) di Provinsi Kaltim, telah menggelar 2.064 personel pengamanan, yang telah bertugas mulai kedatangan sampai presiden kembali ke Jakarta.

"Kami dengan Kapolda sudah menggelar untuk pengamanan dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Balikpapan, kemudian lanjut ke IKN, mulai tadi kedatangan beliau dari bandara, kemudian menuju tempat bermalam di Hotel Novotel ini. Kami sudah gelar pasukan jumlah secara keseluruhan yaitu 2.064 orang terdiri dari TNI, kepolisian dan ditambah dengan unsur dari pemerintah daerah," kata Ketua Pam VVIP Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso dalam konferensi pers yang digelar secara daring dari Balikpapan, Kaltim, Minggu (13/3/2022) malam.

Kemudian, sambung Teguh, pihaknya juga sudah menggelar pasukan untuk kegiatan besok pagi, mulai dari Hotel Novotel sampai dengan kegiatan di IKN nanti yang dimulai dari titik nol kemudian dilanjutkan menginap di titik tempat akan dibangun IKN. "Kegiatan untuk di ring 1 nanti dari Paspampres, kemudian ring 2 dan 3 dari kami unsur kewilayahan, yaitu dari TNI dan Polri, ditambah dengan unsur pemerintah daerah," terangnya.

Menurut Teguh, segala kemungkinan sudah diantisipasi, mulai dari keberangkatan sampai dengan nantinya di lokasi camping. Dia pun mengakui situasi kondisi di IKN sekarang, yang paling rawan adalah terkait perubahan cuaca yang tidak menentu.

"Seperti beberapa hari ini hujan tapi alhamdulillah sore ini mulai terang. Kami berharap selama kegiatan di nanti cuaca bisa cerah dari kegiatan bisa berjalan lancar dam aman. Dan kami menjamin dengan Bapak Kapolda semoga kunjungan ini bisa berjalan lancar, aman dan nyaman sampai dengan Bapak Presiden kembali ke Jakarta," harapnya.

Senada, Wakil Ketua Pam VVIP yang juga Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto menjelaskan beberapa hari kemarin, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi. Menurut dia, Polda kurang lebih mengerahkan 1300-an personel yang melibatkan unsur lalu lintas, terutama intelijen dan polisi pasukan berseragam yang gelar terutama di jalan yang memiliki kerawanan menuju lokasi.

"Karena tidak semua jalannya mulus. Sementara ini yang nanti akan kita tempatkan polisi-polisi dan TNI yang berseragam," katanya di kesempatan sama.

Apalagi, kata Imam, di sekitar KM 60-an ada jalan yang ambles tapi sudah diperbaiki. Dan pihaknya juga akan menempatkan personel di sana untuk mengingatkan para pengendara supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Prinsipnya kita sudah siap, mudah-mudahan acara rangkaian kunjungan Bapak Presiden sejak hari Senin dan Selasa ke Kalimantan Timur ini, terutama menuju ke IKN diberikan kelancaran dan kembali ke Jakarta dalam keadaan sehat walafiat," harapnya.

Topik Menarik