Kemenkes Sebut Indonesia Belum Penuhi Indikator untuk Fase Endemi Covid-19

Kemenkes Sebut Indonesia Belum Penuhi Indikator untuk Fase Endemi Covid-19

Nasional | inewsid | Sabtu, 12 Maret 2022 - 06:55
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah sedang menyusun peta jalan (roadmap) untuk transisi dari masa pandemi Covid-19 ke fase endemi. Hanya saja, Indonesia disebut masih belum memenuhi indikator untuk menuju ke fase endemi.

Salah satu indikator utama yang belum terpenuhi untuk menuju fase endemi yakni, tingkat penyebaran dan penularan Covid yang masih tinggi. Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia dianalisis masih cukup tinggi.

"Jadi harus ada indikator yang ditetapkan, misalnya laju penularan atau repoduction rate (kurang) <1 dalam kurun waktu lama," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmidzi melalui pesan singkatnya, Sabtu (12/3/2022).

"Kemudian, cakupan vaksinasi minimal 70% dari populasi, kasus kematian kurang dari 3%, angka positif < 5%, ppkm levelnya transmisi komunitas level 1," imbuhnya.

Nadia menjelaskan, angka kasus positif di Indonesia masih cukup tinggi berdasarkan hasil testing Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan ini. Padahal, itu menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menuju fase endemi.

"Kita belum memenuhi indikator. Kan masih tinggi kasus konfirmasi harian kita," ucapnya.

Meskipun demikian, kata Nadia, pemerintah saat ini sedang mencoba beberapa langkah transisi menuju endemi. Salah satunya, dengan melonggarkan kebijakan terkait pengendalian Covid-19. Tapi, pemerintah tetap terus berkonsultasi dengan para epidemiolog.

"Jadi kita harus melalui tahapan seperti pengendalian pandemi, pra endemi baru masuk endemi. Sekarang masih dalam tahap pengendalian," kata Nadia.

Topik Menarik