Adegan Film, tapi Disebut Pesawat Dirudal Rusia

Adegan Film, tapi Disebut Pesawat Dirudal Rusia

Nasional | jawapos | Sabtu, 12 Maret 2022 - 05:48
share

REKAMAN pesawat dihantam rudal kendali jadi perbincangan netizen beberapa hari terakhir. Menurut informasi tersebut, penampakan pesawat itu merupakan pesawat milik NATO yang ditembak jatuh oleh rudal Rusia.

Jet Tempur Siluman N4To vs Rudal Rus1a, tulis akun Facebook Yasemin Nazli Uzunoglu, Rabu, 9 Februari 2022. Video itu juga menyertakan keterangan penegas bahwa situasi tersebut adalah detik-detik pesawat NATO jatuh. Rudal Rusia VS Jet Tempur Canggih NATO, begitu penggalan narasi keterangan video berdurasi 3 menit 12 detik tersebut. Pesawat itu juga terlihat meledak (bit.do/PesawatNATODown).

Penyebutan NATO dalam keterangan itu dapat menimbulkan kesan terhubung dengan perang Rusia-Ukraina yang sedang terjadi. Sebab, salah satu dalih Rusia menyerang Ukraina karena Ukraina akan bergabung dengan NATO.

Padahal saat ditonton sekilas, video tersebut langsung terlihat janggal. Sebab, ada terjemahan yang menggunakan bahasa tak baku. Selain itu, sudut pengambilan gambar kejar-kejaran rudal dengan pesawat tersebut mirip film-film action.

Saat ditelusuri, ada bukti-bukti yang menguatkan anggapan tersebut. Penampakan pesawat yang diklaim milik NATO dan kejar-kejaran dengan rudal Rusia itu ternyata adegan film perang yang berjudul Behind Enemy Lines yang tayang pada 2001.

Ada yang mengunggah video identik itu pada 19 Februari 2017 oleh kanal YouTube Panos Aero. Durasi video lebih dari lima menit tersebut memperlihatkan situasi yang mirip. Mulai percakapan, terdeteksi radar jangkauan rudal, hingga rudal melesat memburu pesawat dan jatuh. Anda dapat melihatnya di bit.do/Film2001.

Film Behind Enemy Lines itu memang mengisahkan pesawat NATO jenis F/A-18F Super Hornet. Tapi, tidak ada kaitan dengan Rusia. Film tersebut mengisahkan konflik yang berkecamuk di Bosnia.

Situs Amazon.com mengulas bahwa film itu berdasar kisah nyata. Mengisahkan seorang pilot pesawat tempur ditembak jatuh di Bosnia dalam perjalanan kembali dari misi pengintaian di belakang garis musuh. Anda bisa melihatnya di bit.do/SoalFilm.

Lebih lanjut, film itu mengangkat kisah konflik bersenjata yang terjadi pada rentang waktu Maret 1992 hingga November 1995. Perang tersebut melibatkan Bosnia dan Republik Federal Yugoslavia kala itu.

Situs Entertainment Weekly menyebut film Behind Enemy Lines mengulas kesamaan antara drama perang Owen Wilson-Gene Hackman dan kisah kehidupan nyata Kapten Angkatan Udara AS Scott OGrady, pilot yang ditembak jatuh atas Bosnia pada 1995.

Dia bertahan hidup dengan segala upayanya di wilayah musuh selama enam hari. Sebelum pada akhirnya pasukan Marinir menyelamatkannya. Penerbang yang asli, Scoot OGrady, rupanya menggugat Behind Enemy Lines. Scott OGrady, yang selamat dari ditembak jatuh di Bosnia, menggugat film Fox dan dokudrama TV yang diduga menceritakan kembali kisahnya tanpa izin. Anda dapat membacanya di bit.do/KisahFilmnya.

FAKTA

Video pesawat yang tertembak jatuh itu bagian dari film Behind Enemy Lines yang mengisahkan pasukan NATO dalam pertempuran di Bosnia pada 19921995. Tidak terkait perang Rusia-Ukraina.

Topik Menarik