Chelsea Terpaksa Dibekukan, Atas Sanksi yang Diterima Oleh Roman Abramovich

Chelsea Terpaksa Dibekukan, Atas Sanksi yang Diterima Oleh Roman Abramovich

Nasional | riau24.com | Jum'at, 11 Maret 2022 - 14:14
share

RIAU24.COM- Juara sepak bola Eropa Chelsea adalah salah satu aset Roman Abramovich yang dibekukan oleh pemerintah Inggris setelah ia dikenai sanksi karena hubungan dekatnya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Abramovich, yang berada di bawah pengawasan setelah invasi Rusia ke Ukraina, telah mengumumkan bahwa dia akan menjual klub Liga Utama Inggris itu pekan lalu.

Proses itu sekarang ditunda, meninggalkan klub London barat, yang diperingkatkan oleh Forbes sebagai yang ketujuh paling berharga di dunia sepak bola dengan $ 3,2 miliar, dalam keadaan limbo, beroperasi di bawah lisensi pemerintah khusus hingga 31 Mei yang memungkinkannya untuk terus bermain.

Lisensi adalah jaring pengaman untuk melindungi olahraga, Liga Premier, piramida sepakbola yang lebih luas hingga ke permainan akar rumput, penggemar setia, dan klub lain.Itu akan membuat Tuan Abramovich kehilangan keuntungan dari kepemilikannya atas klub dan berarti dia tidak dapat menghindari sanksi Inggris, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

zxc1

Miliarder itu termasuk di antara tujuh orang kaya Rusia yang asetnya dibekukan di bawah sanksi Inggris pada Kamis. Aktivitas tim mulai dari menjual tiket baru hingga merekrut pemain langsung dibatasi.

Chelsea disiapkan untuk dijual minggu lalu seiring dengan meningkatnya seruan agar pemilik diberi sanksi karena memiliki hubungan dekat dengan rezim Putin, dengan Abramovich mengatakan hasilnya akan disumbangkan ke yayasan yang didirikannya untuk para korban perang.Proses penjualan juga tunduk pada persetujuan pemerintah.

Sementara lisensi saat ini tidak mengizinkan penjualan klub saat ini, pemerintah terbuka untuk penjualan klub dan akan mempertimbangkan permohonan lisensi baru untuk memungkinkan penjualan, kata pemerintah.Hasil dari penjualan apa pun tidak dapat diberikan kepada individu yang terkena sanksi selama dia dikenai sanksi.

Pemerintah menyebut Abramovich sebagai "oligarki pro-Kremlin" yang memiliki kekayaan lebih dari 9 miliar pound ($12 miliar), dan harus dihukum karena hubungannya dengan Putin.Abramovich juga dikaitkan dengan "mengacaukan ... merusak dan mengancam" Ukraina.

Abramovich, yang kekayaannya diperoleh dari minyak dan aluminium selama tahun-tahun kacau setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991, tidak mengutuk invasi Rusia ke tetangganya dalam dua pernyataan sejak perang dimulai dua minggu lalu.

Pemerintah Inggris mengatakan Abramovich telah memperoleh keuntungan finansial dari pemerintahan Putin, termasuk kontrak dalam persiapan untuk Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Pemain Rusia itu membeli Chelsea pada tahun 2003 dengan harga 140 juta pound ($ 184 juta) dan investasinya telah menghasilkan era paling sukses dalam sejarah mereka saat mereka memenangkan lima gelar Liga Premier, lima Piala FA, dan Liga Champions dua kali.

zxc2

Klub sepak bola mengatakan akan mencari perubahan pada lisensi di mana mereka sekarang harus beroperasi. (Kami) bermaksud untuk terlibat dalam diskusi dengan Pemerintah Inggris mengenai ruang lingkup lisensi, kata Chelsea dalam sebuah pernyataan.

"Ini termasuk meminta izin untuk mengubah lisensi agar klub dapat beroperasi senormal mungkin."

Wartawan olahraga Gavin Hamilton mengatakan kepada Al Jazeera bahwa sanksi akan membuat "sangat sulit" bagi Abramovich untuk menjual klub. Dia telah meminjamkan klub 1,5 miliar pound ($ 1,97 miliar) selama kepemilikannya.Dia siap untuk menghapus hutang-hutang itu.Tapi sekarang jika aset dibekukan, Chelsea resmi terlilit utang 1,5 miliar pound dan tidak mampu membayarnya kembali, kata Hamilton dari London.

Tidak ada pemilik potensial yang akan siap untuk mengambil klub dengan jumlah utang seperti itu, dan ketika aset telah dibekukan di masa depan, tambahnya.

Pemilik klub sepak bola Chelsea Roman Abramovich [File: Martin Meissner/AP Photo]

Pembatasan

Siapa pun yang memiliki tiket hingga akhir musim di bulan Mei dapat melanjutkan pertandingan tetapi tidak ada tiket baru yang dapat dibeli, yang mempengaruhi kemampuan setiap penggemar tandang untuk pergi ke Stamford Bridge.

Klub juga harus berhenti menjual barang dagangan di tokonya.

zxc2

Staf, termasuk pemain, harus terus dibayar.Tagihan upah klub hampir 28 juta pound ($ 37m) per bulan di rekening terbaru.

Klub telah secara efektif ditempatkan di bawah larangan transfer karena tidak dapat membelanjakan uang untuk mendaftarkan pemain baru, sementara ada keraguan atas kemampuan untuk menawarkan kontrak baru.

Hanya 500.000 pound ($657.000) yang dapat dihabiskan untuk menggelar setiap pertandingan di Stamford Bridge, termasuk untuk keamanan dan katering. Maksimal 20.000 pound ($ 26.300) dapat dihabiskan untuk perjalanan ke pertandingan.Chelsea bermain di Prancis di Lille di Liga Champions minggu depan.

SUMBER:AL JAZEERA DAN KANTOR BERITA

IKLAN

Konten ini dibuat dan dibayar oleh pen

Topik Menarik