Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Nasional | jawapos | Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:18
share

JawaPos.com Kopi menjadi salah satu minuman mengandung kafein yang populer di dunia. Sebagian orang menikmati secangkir minuman ini setelah bangun tidur sementara yang lain menundanya setelah beberapa jam.

Namun, minum kopi terlalu cepat setelah bangun dikatakan akan mengurangi efek energinya, karena hormon stres kortisol Anda berada pada tingkat puncaknya pada saat itu, seperti dikutip dari ANTARA , Jumat (11/3).

Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus, mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah Anda. Hormon ini mengikuti ritme khusus untuk siklus tidur-bangun Anda, dengan tingkat tinggi 3045 menit setelah bangun dan perlahan menurun sepanjang hari.

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Peningkatan kadar kortisol dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda, menyebabkan masalah kesehatan. Karena itu, Anda disarankan minum kopi pada pertengahan hingga akhir pagi ketika tingkat kortisol Anda lebih rendah.

Bagi kebanyakan orang yang bangun sekitar pukul 06.30, maka bisa meminum kopi antara pukul 09.30 dan 11.30, atau untuk menghindari lonjakan kortisol yang besar, minumlah secangkir kopi pertama Anda setidaknya sekitar satu jam setelah Anda bangun.

Beberapa penelitian mengatakan kortisol masih tinggi ketika Anda bangun, jadi lebih baik menunggu kopi Anda dan meminumnya di pagi hari ketika kortisol lebih rendah, kata penasihat kesehatan untuk Love Wellness, Lauren Slayton, RDN seperti dikutip dari Livestrong .

Beberapa orang memulai hari mereka dengan kopi, sementara yang lain meminumnya ketika membutuhkan energi ekstra, seperti sebelum berolahraga.

Efek kopi terasa segera setelah meminumnya. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan olahraga atau memiliki pekerjaan penting yang harus dilakukan, saya sarankan untuk minum kopi 30 menit sebelumnya, kata Slayton.

Minum kopi sebelum berolahraga dapat membantu Anda sebelum dan saat berolahraga, dengan memberi Anda lebih banyak energi, membantu fokus dan koordinasi, serta mengurangi persepsi rasa sakit, menurut sebuah ulasan di Neuroscience & Biobehavioral Reviews pada Desember 2016.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, kafein dapat menunda kelelahan olahraga dan meningkatkan kekuatan dan kekuatan otot. Meskipun mungkin tidak membuat perbedaan yang signifikan apakah Anda memilih untuk menikmati kopi saat bangun tidur atau beberapa jam setelahnya, efek kafein dari kopi pada kinerja olahraga bergantung pada waktu.

Dosis efektif kafein untuk meningkatkan kinerja olahraga yakni 1,42,7 mg per pon atau 36 mg per kg berat badan.

Topik Menarik