Loading...
Loading…
Nadiem: Kurikulum Merdeka Lebih Fleksibel, Ada Kearifan Lokalnya

Nadiem: Kurikulum Merdeka Lebih Fleksibel, Ada Kearifan Lokalnya

Nasional | jawapos | Kamis, 10 Maret 2022 - 11:50

JawaPos.com Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim terus berupaya mewujudkan program Merdeka Belajar. Melalui itu bisa mewujudkan visi Presiden untuk mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Ini saatnya untuk kita bergerak bersama mewujudkan visi Presiden. Salah satunya melalui Program Merdeka Belajar, kata Nadiem saat mensosialisasikan program tersebut ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis (10/3).

Beberapa kebijakan yang disampaikan Nadiem pada pertemuan ini adalah terkait penghapusan Ujian Nasional yang diganti dengan Asesmen Nasional, pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Program Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak, dan Kurikulum Merdeka.

Terkait Kurikulum Merdeka, Nadiem mengatakan, satuan pendidikan diberikan kebebasan menentukan tiga kurikulum yang akan dipilih. Pilihan pertama, Kurikulum 2013 secara penuh, pilihan kedua Kurikulum Darurat, yaitu Kurikulum 2013 yang disederhanakan, dan pilihan ketiga adalah Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka ini lebih fleksibel. Ada kearifan lokalnya, bisa berkolaborasi dengan vokasi dan konservasi. Bahkan kelebihan dari sumber daya alam yang ada di Kalimantan Utara ini juga bisa dijadikan topik yang menarik dalam menerapkan kurikulum di sekolah, imbuhnya.

Baca Juga :
Nadiem: Kurikulum Merdeka Bisa Tekan Learning Loss Hingga 50 Persen

Di samping itu, lanjut Menteri Nadiem, penyederhanaan kurikulum darurat ini efektif memitigasi ketertinggalan pembelajaran Sekolah-sekolah yang pindah ke kurikulum darurat, kemudian Sekolah Penggerak yang kini menerapkan Kurikulum Merdeka, learning lossnya ada yang berkurang hingga 50 persen, jelasnya.

Nadiem juga telah menyosialisasikan program tersebut ke daerah-daerah melalui kunjungan kerja. Terbaru dia mendatangi Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Di sana dia menggelar pertemuan dengan pimpinan daerah se-Kalimantan Utara.

Original Source

Topik Menarik

{