91 Desa di Luwu Gelar Pilkades Serentak

91 Desa di Luwu Gelar Pilkades Serentak

Nasional | bukamatanews | Rabu, 9 Maret 2022 - 14:47
share

LUWU, BUKAMATA Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Luwu diprediksi bakal berbeda dari biasanya. Pasalnya, pemilihan tersebut tidak hanya diikuti para petahana dan pendatang baru, tapi juga mantan camat.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu, Bustam mengatakan, minat masyarakat untuk ikut pemilihan kepala desa di 91 desa pada 21 kecamatan di Luwu sangat tinggi.

Tidak hanya hanya kalangan petahana, tapi juga mantan pejabat eselon III atau mantan camat juga ikut pilkades,kata Bustam, Selasa(9/3/2022)

Menurutnya, salah satu mantan camat ikut pilkades adalah Amir Saleng. Amir Saleng adalah eks Camat Bajo Barat yang sudah penisun sebagai ASN.

"Kini dia ikut bersaing dengan calon kades petahana di kampungnya,"ungkap Bustam.

Sejumlah kalangan menilai pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Luwu bakal seru, semua warga ikut memilih dipastikan sudah di vaksin. Warga yang pilkades serentak sudah 80 persen sudah divaksin.

"Pilkades akan berlangsung 24 Maret nanti,"tutur Bustam.

Bustam mengungkapkan, dana yang digunakan pada Pilkades ini pada APBD Pokok tahun 2022 sebanyak Rp800 juta. Persiapan Pilkades dimulai dengan pembentukan panitia.

Adapun syarat untuk pilkades tahun 2022, diwajibkan warganya 80 persen telah divaksin. Persaratan ini telah disepakati bersama DPRD dan Pemkab Luwu.

Topik Menarik