Tips Startup Anda, Bisa Menarik Hati ``Angel Investor`’

Tips Startup Anda, Bisa Menarik Hati ``Angel Investor`’

Nasional | republika | Selasa, 8 Maret 2022 - 13:29
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angel investor merupakan individu dengan kekayaan yang melimpah dan mau memberikan suntikkan dana pada perusahaan rintisan seperti startup. Penyuntik dana ini, sering dianggap sebagai malaikat, maka disebut sebagai Angel Investor. Mereka akan berfokus membantu startup dalam pembangunannya ketimbang mencari keuntungan.

Sebagai seorang startup pemula, tentu, hadirnya Angel Investor ini akan sangat diharapkan dalam membantu mengembangkan bisnis yang baru dirintis.

Terlebih lagi, apabila startup ini berawal dari modal yang hanya pas-pasan. Lalu, bagaimana agar Angel Investor mau menyuntikkan dananya pada bisnis rintisan kita?

Berikut tips agar startup mampu menarik hati Angel Investor?

1. Siapkan rencana bisnis dengan matang

Rencanakan secara matang produk atau market fit yang akan anda rintis. Fokus pada produk yang dapat menghasilkan nilai tambah bagi konsumen.

2. Perbanyak networking (relasi)

Jalin relasi yang baik, bisa dengan membuat event-event yang menarik bagi para calon investor. Kemudian kunjungi beberapa forum-forum diskusi Angel Investor, agar dapat lebih akrab dan mengenal mereka. Begitupun, startup anda dapat lebih dikenal juga familiar dengan mereka.

3. Buat presentasi mengesankan

Buat presentasi yang jelas dan lugas tentang ide, market fit , perkembangan startup anda, serta keuntungan yang akan didapat bagi Angel Investor yang bersedia memberikan suntikkan dana pada startup anda.

4. Jalin komunikasi yang baik

Hilangkan keraguan Angel Investor terhadap bisnis rintisan anda dan pastikan mereka yakin dengan prospek bisnis yang dijalankan. Komunikasikan secara baik perihal rancangan bisnis dan keuntungan bagi Angel Investor.

5. Samakan visi dan misi

Agar meminimalisir kesalahpahaman, ada baiknya anda menyamakan visi misi dengan Angel Investor. Sebab, investor ini juga dapat memberi keputusan penting dalam berjalannya bisnis di masa depan.

6. Beri data bisnis berjalan

Yakinkan pada Angel Investor bahwa bisnis rintisan anda memiliki prospek yang cukup baik di masa depan dengan cara berikan data-data rill sesuai dengan target pasar anda.

Dengan begitu, investor akan mengetahui prospek bisnis ke depan dan bagaimana cara memperluas bisnis anda.

7. Beri sikap realistis

Realistiskan gambaran data-data market fit anda dengan baik. Jangan berikan ekspektasi terlalu tinggi. Berikan gambaran potensial bisnis secara rasional.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi startup pemula, agar dapat dilirik dan menarik hati Angel Investor.

Startup menjadi peluang masa depan cemerlang bagi generasi saat ini. Terlebih mereka yang sedang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Mahasiswa menjadikan juga kampus, sebagai batu loncatan dalam membuilding sebuah startup.

Salah satu kampus swasta besar, Universitas Nusa Mandiri (UNM), juga mempersiapkan mahasiswanya, yang ingin bergelut di dunia startup. Melalui Nusa Mandiri Startup Center (NSC), sudah banyak mencetak mahasiswa atau lulusan yang berhasil membangun startup mereka.

Siti Nurlela selaku kepala NSC mengatakan bahwa, para pelaku startup perlu memperhatikan hal-hal penting terkait pendanaan bagi bisnis rintisannya. Sebab, biasanya para pemula bisnis rintisan ini tidak memiliki cukup modal yang besar. Sehingga mereka perlu mendapat suntikkan dana baik itu dari Angel Investor ataupun dari Venture Capital, ujarnya.

Para malaikat investasi ini, katanya menjelaskan, dapat sangat membantu startup dalam mengembangkan ide bisnis rintisannya. Oleh karena itu, jika bisnis anda memiliki potensi tinggi namun dana terbatas, Angel Investor dapat memberikan modal untuk pertumbuhan yang spektakuler. Maka siapkan beberapa hal tadi di atas agar dapat menyakinkan mereka agar tak ragu memberi suntikkan dana pada startup anda, tutupnya.

Di UNM sendiri, saat ini sudah menerima penerimaan mahasiswa baru (PMB), yang bisa kalian cek di laman nusamandiri.info. Selain itu, jika ingin mendaftar di kampus ini, bisa melalui dua cara.

Pertama melalui aplikasi MyNusa-PMB yang bisa di unduh melalui playstore, atau melalui laman pmb.nusamandiri.ac.id. Pembayaran di kampus UNM, juga bisa dengan cicilan melalui aplikasi Danacita. Jadi, jangan khawatir jika belum ada biaya untuk kuliah. Tentunya, akan selalu ada jalan bagi anda yang punya niat baik, untuk mengubah masa depan.

Topik Menarik