Gejala Umum Kanker Esofagus: Makanan Terasa Menyangkut di Tenggorokan

Gejala Umum Kanker Esofagus: Makanan Terasa Menyangkut di Tenggorokan

Nasional | republika | Senin, 7 Maret 2022 - 17:04
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker tenggorokan dikenal juga dengan kanker esofagus. Gejala yang paling umum adalah kesulitan menelan, terutama perasaan makanan tersangkut di tenggorokan.

Pada beberapa pasien, sering tersedak saat makan juga dilaporkan sebagai tanda awal. Kerongkongan sendiri adalah tabung otot yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung.

Seberapa serius kanker kerongkongan tergantung pada lokasi kanker, ukurannya, dan apakah sudah menyebar pada organ lain atau belum. Gejala-gejala tersebut secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu, dengan peningkatan rasa sakit saat menelan, karena kerongkongan Anda menyempit seiring pertumbuhan kanker.

Mendiang gitaris legendaris Eddie Van Halen termasuk salah satu korbannya. Ia semula mengalami kanker lidah yang kemudian menyebar ke tenggorokan.

Vokalis dan gitaris band Megadeth, Dave Mustaine, juga telah bergulut dengan kanker tenggorokan. Pada 2020, ia sudah bersih dari kanker setelah menjalani 51 perawatan radiasi dan sembilan kali kemoterapi untuk memulihkan diri dari kanker.

Faktor risiko penyakit ini meliputi kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan sakit maag kronis atau refluks lambung. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) serta karena akalasia atau kelainan otot yang jarang terjadi di kerongkongan bagian bawah juga menjadi pemicu.

Topik Menarik