Survei Capres: Ridwan Kamil Lebih Berwibawa Dibanding Prabowo Subianto

Survei Capres: Ridwan Kamil Lebih Berwibawa Dibanding Prabowo Subianto

Nasional | sindonews | Senin, 7 Maret 2022 - 12:12
share

JAKARTA - Survei lembaga Parameter Politik Indonesia (PPI) yang menggunakan pendekatan key opinion leaders (KOL), menampilkan sejumlah hasil yang berbeda dibandingkan survei atas pandangan publik pada umumnya. Survei KOL mengedepankan pengumpulan pendapat para ahli yang kompeten dan memiliki pengaruh di masyarakat.

Dalam survei tersebut, 11 tokoh figur kandidat capres yang ramai dipertimbangkan publik akan dinilai oleh ahli guna memperoleh sosok figur capres ideal bagi masyarakat. Diketahui, sosok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dinilai sebagai figur pemimpin yang berwibawa dibandingkan Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.

"Menurut responden yang terdiri dari para ahli yang kompeten di bidangnya, Ridwan Kamil memperoleh poin 7,43 dari segi penampilan yang berkarisma dan berwibawa. Sedangkan Prabowo berada di bawah Kang Emil dengan skor 7,38," ujar Parameter berdasarkan keterangan laporan hasil survei KOL: Profiling Kandidat Calon Presiden 2024, Senin (7/3/2022).

Dari 11 tokoh yang disurvei oleh para ahli, rekap total perolehan Ridwan Kamil menempati posisi keempat atas rata-rata penilaian prospek kepemimpinan nasional. Ridwan Kamil menempati skor 7,14 berdasarkan 11 aspek kriteria yakni visioner; kepemimpinan politik; intelektualitas; keterampilan politik; keterampilan komunikasi politik; stabilitas emosi; gaya kepemimpinan; nasionalisme dan religiusitas; penampilan; integritas moral; dan kapabilitas.

"RK (Ridwan Kamil) menempati posisi keempat pada semua aspek. Posisinya berada di bawah tipis dengan Sandiaga," jelasnya.

Ridwan Kamil dalam survei tersebut merupakan salah satu dari empat figur yang mendapat penilaian tinggi dari KOL. "Meskipun keempatnya menempati posisi teratas, dari sebelas aspek utama yang diteliti, tak ada satu pun yang berada pada level \'sangat baik\'," kata Parameter.

Tokoh yang diundang sebagai responden KOL berasal dari enam latar belakang berbeda yakni perguruan tinggi; media massa; dunia usaha; ormas keagamaan; institusi budaya; dan lembaga swadaya masyarakat. Melalui survei KOL dari enam unsur di atas, diharapkan mereka secara objektif menilai berbagai aspek, seperti kepribadian, kecerdasan, kepemimpinan, dan kemampuan figur-figur yang teridentifikasi sebagai kandidat Capres 2024.

Topik Menarik