Begini Cara Terbaik Menyimpan Buah Anggur

Begini Cara Terbaik Menyimpan Buah Anggur

Nasional | republika | Senin, 7 Maret 2022 - 04:16
share

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Buah anggur sangat cocok dinikmati sebagai camilan yang menyegarkan. Agar tampilannya yang menarik seiring dengan kualitas buahnya, cara penyimpanan terbaik perlu dilakukan. Dengan begitu, buah anggur tetap segar saat siap disantap.

Baik buah anggur merah, anggur hijau, dengan atau tanpa biji, perlu disimpan di lemari pendingin untuk memperpanjang umur simpannya. Letakkan anggur di bagian crisper drawer kulkas dalam kemasan plastik yang biasanya digunakan untuk mengemas dari swalayan.
Crisper drawer terletak di bagian bawah kulkas. Kompartemen itu dirancang untuk memperpanjang kesegaran produk yang disimpan. Tingkat kelembapan yang berbeda dari area lain di lemari es bertujuan mengoptimalkan kesegaran buah dan sayuran.
Akan tetapi, kelembapan berlebihan dapat menyebabkan anggur mudah berjamur dan lebih cepat rusak. Karena itu, simpanlah buah anggur di kulkas tanpa dicuci terlebih dahulu. Saat akan dimakan, barulah mencuci buah anggur hingga bersih diperlukan.
Untuk menghindari penyerapan bau, sebaiknya tidak menyimpan buah anggur di dekat sejumlah bumbu atau bahan makanan berbau menyengat. Misalnya, bawang merah, bawang putih, daun bawang, atau daging ayam yang sudah cukup lama disimpan.
Pedoman penyimpanan lain adalah tidak meletakkan buah anggur berdesakan dengan buah dan sayur lain supaya tidak merusak bentuknya. Apabila seledri, wortel, tomat, dan apel memenuhi tempat penyimpanan, pindahkan dulu supaya ada ruang cukup.
Topik Menarik