Driver Ojol Ajak Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi

Driver Ojol Ajak Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi

Nasional | rm.id | Sabtu, 5 Maret 2022 - 21:11
share

Ketangguhan mesin menjadi bekal utama bagi para pelaku ojek online (ojol) dalam menjalankan profesinya. Apalagi, kendaraan merupakan sarana utama mereka untuk mencari nafkah.

Berbagai strategi pun dilakukan dalam merawat kendaraannya. Salah satunya dalam pemilihan bahan bakar pada kendaraan. Seperti yang dilakukan Zakaria, salah satu mitra pengemudi transportasi online Grab Bike di Kota Bandung.

Mobilitas yang tinggi mengharuskan dirinya untuk menggunakan Pertamax, agar kondisi mesin motor yang digunakannya lebih prima dan dapat meminimalisir kerusakan mesin.

"Sudah lama banget pakai Pertamax, karena berasa tarikan di motornya enak. Kerja juga jadi lebih cepat, lebih irit dan tidak khawatir dengan mesin," ungkapnya, Sabtu (5/3).

Zakaria mengakui, sebelum menggunakan Pertamax, ia kerap melakukan servis motor sebulan sekali. Setiap servis pun, selalu ada saja yang harus diganti.

"Kalau sekarang pakai Pertamax, servis paling dua bulan sekali, dan itu pun hanya servis standar, jadi saya merasa dengan isi pertamax ini sama saja dengan kita menyayangi kendaraan kita," beber Zakaria.

Tingginya kompresi mesin Yamaha NMax yang ditunggangi Zakaria membutuhkan BBM berkualitas baik yang ada pada Pertamax. Manfaat yang dirasakan pun sangat terasa, baik pada akselerasi mesin dan pembakaran yang lebih bersih. "Harga memang mahal sedikit, tapi sebanding dengan manfaat yang diperoleh," katanya.

Di masa kini, penggunaan bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi ini bisa menjadi investasi masa depan. Apalagi, selisih harga Pertamax dengan BBM di bawahnya tidak terlalu signifikan.

City Area Manager Grab Jawa Barat Ade Ihsan Manan mengaku mendukung penggunaan bahan bakar ramah lingkungan seperti Pertamax. Namun, balik lagi, hal itu merupakan pilihan masing-masing ke pemilik kendaraan.

"Saat ini para mitra pengemudi Grab Bike sudah sadar memilih bahan bakar yang tepat bagi kendaraan yang digunakan untuk kerja," ungkap Ade.

Ia yakin, para driver Grab Bike sadar bahwa performa kendaraan menjadi nomor satu karena selain sebagai sarana cari uang, para driver pun sudah pandai berhitung, bagaimana efek penggunaan BBM RON tinggi pada motornya.

"BBM Pertamax dengan RON 92 ini sangat kompatibel dengan mesin kendaraan keluaran terbaru, jadi otomatis pembakaran akan bagus dan emisi gas buang nya pun ramah lingkungan. Kami mendukung mitra pengemudi, walau saat ini belum semua pakai Pertamax," tuturnya.

Ade menambahkan, pada akhir tahun lalu lalu Grab bersama dengan Pertamina juga melaksanakan program Pertamax Gan. Di mana salah satu mitra pengemudi Grab Bike berhasil mendapatkan grand prize berupa motor atas banyaknya transaksi pembelian BBM Pertamax selama periode program berlangsung.

Melalui program ini Grab dan Pertamina turut mendorong penggunaan bahan bakar berkualitas yang lebih ramah lingkungan.

"Ke depannya program serupa bukan tidak mungkin dilaksanakan kembali untuk terus mengedukasi masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar berkualitas itu sangat penting untuk investasi jangka panjang, baik dari sisi menjaga performa mesin ataupun sisi kesehatan, menjaga kualitas udara dan lingkungan," tandas Ade. [KPJ]

Topik Menarik