Loading...
Loading…
Kementan Kampanyekan ASN Ber-Akhlak secara Door to Door

Kementan Kampanyekan ASN Ber-Akhlak secara Door to Door

Nasional | radarjogja | Sabtu, 05 Maret 2022 - 09:19

RADAR JOGJA Presiden Joko Widodo telah meluncurkan core values aparatur sipil negara (ASN) Ber-Akhlak serta employer branding Bangga Melayani Bangsa sebagai dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah sejak 27 Juli 2021. Ber-Akhlak merupakan akronim berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.
Core values itu bertujuan mendukung transfromasi sumber daya manusia (SDM) aparatur dan reformasi birokrasi.

Di lingkup Kementerian Pertanian, core values ASN Ber-Akhlak telah resmi diadaptasi menjadi budaya kerja menggantikan nilai-nilai KKPID (komitmen, keteladanan, profesioanlisme, integritas, dan disiplin) yang berlaku sebelumnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan, nilai-nilai dasar Ber-Akhlak menjadi acuan dasar penerapan budaya kerja di Kementan untuk mewujudkan pertanian maju, mandiri, dan modern. Untuk itu saya perintahkan agar menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values Ber-Akhlak secara utuh. Sesuai contoh perilaku yang relevan dengan konteks tugas masing-masing, serunya kepada seluruh jajaran Kementan belum lama ini.

Arahan itu ditindaklanjuti Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Untuk memastikan pelaksanaan core values Ber-Akhlak oleh jajarannya, Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah mendatangi beberapa unit pelaksana tugas (UPT) di bawah koordinasinya. Satu di antaranya Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa). Saya mewakili Bapak Kepala Badan (BPPSDMP, Red) harus door to door ke seluruh jajaran di bawah SDM dan UPT-UPT. Seluruh ASN harus paham, menerapkan, dan mengamalkan core values Ber-Akhlak dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara, tutur Munifah di hadapan seluruh ASN Polbangtan YoMa.

Selain memaparkan nilai-nilai Ber-Akhlak, Munifah juga berpesan, seluruh ASN di era sekarang harus cepat beradaptasi dan tidak pantang menyerah. Setiap ASN harus punya growth minset , spirit bekerja, tidak mudah mudah mengeluh, dan selalu mengikuti irama serta menikmati setiap tantangan pekerjaan maka pasti bisa. Skill ini harus dikuasai setiap ASN. Karena sekarang semua berjalan dinamis, tidak menentu, dan unpredictable , tuturnya.

Direktur Polbangtan YoMa Bambang Sudarmanto berkomitmen mewujudkan misi tersebut. Dan akan terus berupaya menginternalisasikan nilai-nilai ber-Akhlak kepada seluruh jajarannya. Nilai Ber-Akhlak ini bukan hanya butir-butir nilai yang dihapalkan. Namun akan kami tanamkan pada setiap ASN Polbangtan YoMa, baik saat sedang bertugas menjadi abdi negara maupun sebagai pribadi personal, ujar Bambang.(yog)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{