Bahas Kerjasama, Bupati Sikka kunjungi DPRD Kota Surabaya

Bahas Kerjasama, Bupati Sikka kunjungi DPRD Kota Surabaya

Nasional | jatimtimes.com | Jum'at, 4 Maret 2022 - 14:59
share

JATIMTIMES - Dewan Perwalian Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya mendapat kunjungan dari Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo. Di sana rombongan diterima oleh Wakil Ketua DPRD A.H Thony.

Ini hal yang mengejutkan dengan kedatangan pak Bupati beserta rombongan ke Kota Surabaya dalam rangka menjajaki. Bahkan suatu obsesi dalam hal kerja sama yang saling menguntungkan, kata AH Thony.

Menurut dia, Kota Surabaya merupakan kota pelabuhan dan di Kabupaten Sikka memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Thony menuturkan, bahwa Kota Surabaya mendukung langkah pemerintah pusat terkait jalur rempah indonesia sebagai heritage dunia.

Kehadiran pak Bupati membantu kita dan kemudian bisa mendukung nasional untuk mendukung program dari pemerintah pusat, lanjutnya.

Hal itu jelas Thony disebabkan Kota Surabaya telah dikenal dunia juga maju. Tapi kita sadar betul, Kota Surabaya sangat tergantung pada sektor pertanian dari daerah-daerah lain, paparnya.

Dengan adanya kunjungan dari rombongan Kabupaten Sikka tentang tawaran kerjasama pada bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi bagi Thony itu harus disambut baik dan saling melengkapi.

Terpisah, Fransiskus Roberto Diogo menyampaikan, bahwa ini merupakan kunjungan yang pertama kali ke DPRD Kota Surabaya. Untuk menyiapkan sebagai pembuka jalan, membangun kerja sama antar daerah, antar Kota Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka," ujarnya.

Dia menjelaskan, kerjasama dengan Pemkot Surabaya meliputi kerjasama di bidang Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi.

Disinggung tentang sinergitas antara Kota Surabaya dengan Kabupaten Sikka, dia menyebut sudah terjalin. Ada, kalau kita mengikuti jalur perdagangan masa lampau tepatnya rempah-rempah, komoditinya, dan ini berlanjut sampai sekarang, urainya.

Perlu diketahui, Kabupaten Sikka adalah penghasil kelapa, cengkeh, pala, coklat, mente dan masih banyak lagi. Sedangkan potensi perikanan dan tepatnya di laut arafura memiliki ikan tuna jumbo dengan berat hingga lebih dari 70 kilogram.

Topik Menarik