Saiful Mujani: Argumen Penundaan Pemilu 2024 Mirip Alasan Orba

Saiful Mujani: Argumen Penundaan Pemilu 2024 Mirip Alasan Orba

Nasional | genpi.co | Jum'at, 4 Maret 2022 - 12:40
share

GenPI.co - Peneliti politik Saiful Mujani menilai alasan penundaan Pemilu 2024 demi stabilitas ekonomi mirip dengan argumen yang kerap dikeluarkan pada masa Orde Baru.

Seperti diketahui, sejumlah elite partai politik dan menteri menyarankan agar Pemilu 2024 ditunda dan masa jabatan presiden diperpanjang.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga sempat menyatakan bahwa Pemilu 2024 akan menciptakan riak-riak yang membuat instabilitas ekonomi.

Itu argumen sangat Orde Baru sekali. Konflik pasti akan ada saat pemilu, tetapi kita punya pengalaman sebelumnya, ujarnya dalam diskusi Alasan-Alasan Penundaan Pemilu, Kamis (3/3).

Menurut Saiful, Indonesia sempat beberapa kali menyelenggarakan pemilu di tengah krisis dan konflik yang tinggi, yaitu Pemilu 1999 dan Pemilu 2019.

Hal itu membuat pihak internasional menganggumi praktik demokrasi di Indonesia.

Kita sudah dilihat dunia bahwa praktik demokrasi elektoralnya sudah oke. Mau ribut seperti apa, pemilu kita masih berjalan sehat, ungkapnya.

Oleh karena itu, Saiful meminta para menteri dan elite partai politik untuk memperbaiki argumen jika masih ingin menyarankan wacana penundaan Pemilu 2024.

Argumen itu belum cukup dan meyakinkan. Pasalnya, hampir semua negara juga pertumubuhan ekonominya sedang turun sekitar tiga persen selama pandemi, paparnya.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan naik sebanyak lima persen pada 2022.

Artinya, pertumbuhan ekonomi kita akan naik di atas rata-rata pertumbuhan dunia, sehingga sudah tak ada alasan lagi argumen penundaan pemilu hanya karena pertumbuhan ekonomi, tandasnya. (*)

Heboh..! Coba simak video ini:

Topik Menarik