1 Juta Orang Tinggalkan Ukraina, 498 Militer Rusia Dilaporkan Tewas

1 Juta Orang Tinggalkan Ukraina, 498 Militer Rusia Dilaporkan Tewas

Nasional | jawapos | Jum'at, 4 Maret 2022 - 08:08
share

JawaPos.com Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan hingga saat ini 1 juta orang telah meninggalkan Ukraina imbas invasi Rusia. Mereka meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga sejak Rusia memulai invasinya pekan lalu.

Menurut perkiraan Badan Pengungsi PBB (UNHCR), bakal terjadi eksodus besar-besaran di Ukraina yang berpenduduk sekitar 44 juta orang itu. PBB memperkirakan 4 juta orang pada akhirnya meninggalkan Ukraina, meski angka itu mungkin berubah menjadi lebih tinggi menurut Associated Press.

Jutaan warga Ukraina membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa dan kini mulai dapat diberikan, kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi.

Sebagian besar pengungsi menyeberang ke negara-negara tetangga di sebelah barat Ukraina seperti Polandia, Rumania, Slovakia, Hungaria, dan Moldova. Polandia sendiri mengatakan telah menerima 50 ribu pengungsi setiap hari menurut BBC .

Sementara itu, pejabat Ukraina telah melarang pria berusia 18 hingga 60 tahun meninggalkan negara itu. Mereka akan menjadi bagian dari mobilisasi umum ketika militer dan penduduk negara itu memerangi pasukan Rusia.

Di sisi lain, tak hanya korban sipil dan pengungsi di Ukraina, korban tewas juga terjadi di pihak Rusia. Rusia melaporkan bahwa 498 tentaranya tewas dan 1.597 terluka selama menginvasi Ukraina. Hal itu dikatakan Kementerian Pertahanan Rusia. Ini adalah pertama kalinya Rusia menghitung jumlah korban pasukannya.

Topik Menarik