5 Danau dengan Mitos Paling Mengerikan di Indonesia, Nomor 4 Ditunggui Makhluk Misterius

5 Danau dengan Mitos Paling Mengerikan di Indonesia, Nomor 4 Ditunggui Makhluk Misterius

Nasional | inewsid | Kamis, 3 Maret 2022 - 11:05
share

JAKARTA, iNews.id - Beberapa kisah danau dengan mitos paling mengerikan di Indonesia muncul karena sebuah legenda atau berasal dari cerita rakyat. Berikut daftar danau dengan mitos paling mengerikan di Indonesia:

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Masuk sebagai kategori wisata prioritas, Danau Toba memiliki pesona alam yang cantik dan menakjubkan. Di sisi lain, banyak kisah mistis yang berkembang di masyarakat soal danau tekto-vulkanik ini.

Mulai mitos ikan raksasa di dasar danau sampai penampakan Begu Ganjang, sosok makhluk pencabut nyawa. Lalu, hantu muka rata yang digambarkan sebagai seorang wanita yang sering muncul dari bawah air Danau Toba. Konon seorang pengunjung pria yang tengah bersantai di pinggir Danau Toba pernah dikagetkan dengan kemunculannya.

2. Danau Tolire, Maluku

Danau ini memiliki keindahan dengan memiliki air warna hijaunya. Di balik keindahannya, ada cerita legenda yang unik. Konon benda yang dilempar ke danau tidak akan pernah menyentuh permukaan air. Hal ini diduga lantaran tertahan kekuatan gaib yang diyakini berasal dari siluman buaya raksasa berukuran 10 meter.

Tidak itu saja, Danau Tolire dahulu disebut merupakan kampung yang dikutuk lantaran ada seorang ayah yang menggagahi putrinya sendiri.

3. Telaga Sarangan, Jawa Timur

Berikutnya ada Telaga Sarangan di Magetan yang konon dihuni oleh dua ekor naga raksasa. Kedua naga tersebut merupakan jelmaan sepasang suami-istri petani yang dulu tinggal di sekitar danau.

Jika keduanya tengah keluar dari sarang maka akan muncul kabut tebal menyelimuti seluruh area telaga.

4. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Lokasinya berada di Kabupaten Kerinci, Jambi. Masyarakat setempat menyebutkan Danau Gunung Tujuh sebagai tempat yang sakti. Bagaimana tidak, saat datang ke tempat ini, kamu tidak akan ditemui dedaunan yang jatuh. Permukaan airnya senantiasa bersih.

Tidak hanya itu, konon danau angker di Indonesia ditunggui oleh makhluk misterius berukuran setengah meter dengan tubuh sebagian manusia dan bagian lainnya adalah orang utan. Selain itu, sosok ini dikatakan memiliki pergerakan yang cepat sehingga susah ditangkap mata.

5. Danau Kaco, Jambi

Lokasi tepatnya ada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Tempat ini memiliki air yang begitu bening dan berada di ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut. Kecil tetapi memiliki panorama eksotis yang begitu magis.

Danau angker di Indonesia ini menyimpan beberapa misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah kedalaman danau yang sampai sekarang ini belum diketahui. Konon, ada orang yang mencoba untuk mengukur kedalaman danau ini, namun selalu gagal lantaran tabung oksigen yang digunakan habis sebelum menyentuh dasar danau.

Topik Menarik