Kemlu: 59 WNI yang Dievakusi dari Ukraina Telah Tiba di Rumania

Kemlu: 59 WNI yang Dievakusi dari Ukraina Telah Tiba di Rumania

Nasional | sindonews | Selasa, 1 Maret 2022 - 19:06
share

JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra memimpin langsung proses evakuasi WNI dari ibu kota Kiev, Ukraina, menuju perbatasan Moldova, Senin (28/2/2022). Seluruh WNI yang dievakuasi hari ini tiba di Rumania dengan selamat.

"Dipimpin oleh Dubes RI Ghafur. Mereka sudah berhasil dievakuasi ke Moldova dan sekarang di Rumania," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah ketika dihubungi, Selasa (1/3/2022).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menuturkan, rombongan yang berangkat dari Kiev ke Rumania itu berjumlah 60 orang. Ada pun rinciannya, sebanyak 59 WNI dan 1 orang WNA.

"Rombongan terbesar teman-teman, yaitu 59 WNI dan 1 WNA yang kita evakuasi dari Kiev dan telah berhasil kita seberangkan ke wilayah Moldova," ungkap Retno.

Retno memaparkan, proses evakuasi dilakukan pada Senin 28 Februari dengan mengambil jalur selatan melalui kota Vinnytsia menuju Bucharest Rumania melalui Moldova. Proses evakuasi menggunakan 12 dan banyak menggunakan jalur alternatif untuk menghindari antrean dan macet di jalur utama.

"Rombongan berangkat dari KBRI di Kyiv sekitar pukul 11.30 dan tiba di perbatasan Moldova pada pukul 22.00 atau sekitar pukul 03.00 dini hari 1 Maret waktu Jakarta," pungkas Menlu.

Topik Menarik