Cuaca Ekstre, Tangkapan Nelayan Melimpah

Cuaca Ekstre, Tangkapan Nelayan Melimpah

Nasional | radarjogja | Senin, 28 Februari 2022 - 08:43
share

RADAR JOGJA Nelayan di Pantai Depok, Bantul tetap panen tangkapan. Kendati cuaca ekstrem dan berpotensi terhadap bencana hidrometeorologi.

Ketua Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Depok Tarmanto menyebut, musim masih masuk penghujan. Sehingga tangkapan hasil laut nelayan terbilang banyak. Hasil tangkapan laut paling melimpah, berupa udang jerbung. Produksinya lumayan, ada yang sampai 1 kuintal, ungkapnya kepada Radar Jogja di kantornya Minggu (27/2).

Harga jual udang jerbung pun terbilang bagus. Sebab harganya mencapai Rp 95 ribu per kilogram. Meskipun pemasarannya hanya di dalam negeri. Tapi penjualannya tidak terganggu, tidak masalah, ucapnya.

Pria 55 tahun ini kemudian membahas cuaca ekstrem yang belakangan melanda wilayahnya. Hal itu tidak terlalu berdampak pada nelayan. Hari ini (kemarin, Red) semua nelayan, 25 kapal turun semua, sebutnya.

Bahkan, menurut Tarmanto kondisi cuaca tergolong bersahabat bagi nelayan. Lantaran nelayan melaut pada pagi sampai siang hari. Sementara cuaca ekstrem kerap melanda pada sore sampai malam hari. Jadi nelayan masih bisa melaut, lontarnya.

Salah seorang nelayan di Pantai Depok, Agus juga mengaku tidak terganggu dengan cuaca ekstrem. Terbukti dia mampu menangkap berbagai jenis ikan. Saya dapat udang, sudah saya jual ke TPI. Terus ada cakalang, pari, lele laut, sama hiu saya jual sendiri, bebernya.

Pria 40 tahun ini cenderung mengkhawatirkan cuaca ekstrem saat sore. Kendati ada kalanya juga, cuaca di pagi hari tidak bersahabat. Ya lihat-lihat, kalau pagi sudah ekstrem ya nggak melaut. Tapi akhir-akhir ini paginya cerah, tandasnya. (fat/bah)

Topik Menarik