Dishub LH Anambas Juara 2 Lomba Pameran Hasta Karya

Dishub LH Anambas Juara 2 Lomba Pameran Hasta Karya

Nasional | mandalapos.co.id | Senin, 28 Februari 2022 - 00:13
share

mandalapos.co.id, Anambas Kabar baik datang dari Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Di mana dalam peringatan Hari Perduli Sampah Nasional Tahun 2022, Dishub LH Anambas meraih juara II dalam ajang lomba Hasta Karya tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Dihubungi mandalapos, Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup Dishub-LH Anambas, Risdayani, mengatakan kegiatan tersebut digelar oleh Dishub LH Pemprov Kepri.

Kita dari Anambas gabung dengan Bank Sampah Desa Kiabu dan Dishub LH di satu Stan, karena kan memang anggaran kita minim, rata-rata peserta mengambil 2 stan, ungkapnya, Minggu (27/2).

Meski demikian, lanjut Risdayani, banyaknya jenis produk daur ulang sampah atau barang tak terpakai yang ditunjukan di dalam stan, mampu membuat Anambas meraih juara 2.

Produk kita banyak, ada produk batako Ecobrick dari Pulau bawah, terus ada ecobrick dari Komunitas Kute Siantan, ada hasta karya dari bank sampah sekolah adiwiyata seperti alas meja, sejadah, keset kain perca, vas bunga, ada juga kerajinan batok kelapa, bebernya.

Risdayani pun berharap pengrajin daur ulang akan semakin banyak kedepannya. Demikian agar para pendaur ulang mendapatkan penghasilan, dirinya memberikan ide agar tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Anambas memasukan pembelian produk daur ulang dalam pos belanja rutinnya.

Karena sebagian produk daur ulang ini bisa juga digunakan di kantor. Sehingga ada ekonomi efeknya dan memotivasi pengrajin daur ulang sampah, ujarnya.

Masih kata Risdayani, kegiatan daur ulang sampah merupakan salah satu langkah strategis untuk mencapai program Bupati Kepulauan Anambas, yakni Anambas Bebas Sampah Plastik. ***Yahya

Topik Menarik