Xi Jinping Telepon Vladimir Putin, Bahas Situasi di Ukraina

Xi Jinping Telepon Vladimir Putin, Bahas Situasi di Ukraina

Nasional | jawapos | Jum'at, 25 Februari 2022 - 23:03
share

JawaPos.com Presiden Tiongkok Xi Jinping mulai bereaksi menghadapi invasi Rusia terhadap Ukraina. Xi Jinping menunjukkan bahwa situasi di Ukraina timur telah mengalami perubahan yang cepat. Tiongkok memastikan mendukung Rusia dan Ukraina untuk menyelesaikan masalah melalui negosiasi.

Xi Jinping mengatakan dia mendukung penyelesaian krisis Ukraina melalui pembicaraan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin setelah Moskow melancarkan invasi ke tetangganya. Xi mendesak semua masalah bisa dilakukan melalui negosiasi seperti laporan CCTV.

Pasukan Rusia telah meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina. Rusia mulai melepaskan serangan udara dan mengirim pasukan dan menyusup ke ibu kota Kyiv.

Setelah berminggu-minggu, upaya diplomatik ternyata gagal mencegah Putin meluncurkan operasi militer. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan sejauh ini 137 warga sipil dan personel militer tewas pada hari pertama invasi Rusia. Zelenskyy menyebutkan hal itu dalam sebuah rekaman video.

Mereka (korban) pahlawan. Mereka (Rusia) membunuh orang dan mengubah kota yang damai menjadi target militer. Itu busuk dan tidak akan pernah dimaafkan, kata Zelenskyy, merujuk pada pasukan Rusia seperti dilansir dari Al Jazeera, Jumat (25/2).

Zelenskyy juga menandatangani dekrit tentang mobilisasi umum penduduk. Tentara Rusia saat ini semakin maju ke arah ibu kota Ukraina, Kyiv.

Badan pengungsi PBB mengatakan sekitar 100 ribu warga Ukraina telah meninggalkan rumah mereka. Para pengungsi pindah ke Polandia dan ada yang terlantar di terowongan kereta bawah tanah. Zelenskyy berjanji untuk membela negaranya, menyatakan darurat militer.

Topik Menarik