AS dan Eropa Sebut Kerja Sama Antariksa dengan Rusia Masih Aman

AS dan Eropa Sebut Kerja Sama Antariksa dengan Rusia Masih Aman

Nasional | republika | Kamis, 24 Februari 2022 - 21:44
share

ANTARIKSA Para pejabat Amerika dan Eropa mengatakan, kerja sama ruang angkasa dengan Rusia tetap tidak terpengaruh bahkan ketika negara itu terus mengancam invasi skala penuh ke Ukraina. Saat ini, eskala telah terjadi di Ukraina bagian timur.

Selama diskusi panel tentang diplomasi luar angkasa yang diselenggarakan oleh Institut Kebijakan Luar Angkasa Universitas George Washington, pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan, kerja sama antara NASA dan badan antariksa Rusia Roscosmos di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) belum diubah oleh krisis Ukraina. Hal itu setidaknya kondisi sejauh ini.

Ketika dunia mengikuti kegiatan politik yang terkait dengan Rusia dan Ukraina, NASA terus melakukan penelitian dengan aman di ISS, dan kerja sama berlanjut dengan Roscosmos dan mitra internasional kami lainnya, kata Direktur Kantor Urusan Luar Angkasa di Departemen Luar Negeri AS, Valda Vikmanis-Keller dalam konferensi pada 23 Februari waktu setempat.

Dia mengatakan, tidak ada rencana untuk mengubah rencana kegiatan besar di ISS, termasuk peluncuran pesawat ruang angkasa Soyuz dengan tiga kosmonot Rusia pada 18 Maret. Kemudian, misi kembalinya pesawat ruang angkasa Soyuz pada 30 Maret yang saat ini berada di stasiun. Soyuz akan membawa dua kosmonot Rusia dan satu astronot NASA, Mark Vande Hei.

Pelatihan astronot NASA di Rusia juga akan berlanjut hingga lima orang yang dijadwalkan pergi ke Rusia pada pertengahan Maret. Sementara tiga kosmonot Rusia berlatih di Johnson Space Center NASA di AS.

Terlepas dari apa yang terjadi secara geopolitik, operasi dan kerja sama yang aman dan terjamin di ISS terus berlanjut, kata dia.

Di panel itu, Kepala Kantor Badan Antariksa Eropa (ESA), Sylvie Espinasse mengatakan, kerja sama Eropa dengan Rusia di ruang angkasa juga tetap tidak terpengaruh. Kami memantau dengan cermat apa yang terjadi, tetapi untuk saat ini kegiatan tetap berjalan sesuai rencana, katanya.

Itu termasuk tidak hanya kerja sama di ISS, tetapi juga antara ESA dan Roscosmos dalam misi ExoMars, yang dijadwalkan diluncurkan pada akhir September dengan roket Proton dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan. Kampanye peluncuran ExoMars secara resmi akan dimulai bulan depan dengan kedatangan personel Eropa di Baikonur untuk memulai integrasi pesawat ruang angkasa pendarat Mars.

Konselor untuk ruang angkasa di Kedutaan Besar Prancis di Washington, Nicolas Maubert juga mengatakan, badan antariksa Prancis CNES masih membuka kantornya di Moskow. Mereka merencanakan sebuah acara di sana pekan ini untuk menandai ulang tahun ke-60 badan tersebut.

Direktur Jenderal Roscosmos, Dmitry Rogozin mengatakan dalam tweet 23 Februari bahwa ia memiliki hubungan kerja yang baik dengan NASA, bahkan ketika mengkritik pemerintah AS secara umum. Kami sangat menghargai hubungan profesional kami dengan NASA, tetapi sebagai orang Rusia dan warga negara Rusia, saya benar-benar tidak senang dengan kebijakan AS yang terkadang secara terbuka memusuhi negara saya, kata dia.

Itu termasuk, katanya dalam //tweet// lain, sanksi yang dijatuhkan terhadap perusahaan luar angkasa Rusia oleh Amerika Serikat. Siapa yang datang dengan ide untuk mengumumkan sanksi AS setahun yang lalu terhadap perusahaan antariksa terkemuka kami, yang bertanggung jawab atas kerja sama internasional di ISS? Saya sendiri yang akan menjawab Anda, pemerintah AS yang melakukannya.

Rogozin mengacu pada keputusan Departemen Perdagangan AS pada akhir 2020 yang menambahkan Institut Penelitian Pusat untuk Bangunan Mesin Rusia (TsNIIMash) dan Pusat Roket dan Antariksa Kemajuan Rusia, dalam daftar Pengguna Akhir Militer. Hal itu membatasi ekspor oleh perusahaan AS kepada dua perusahaan itu.

Kedua perusahaan itu termasuk di antara lebih dari 100 perusahaan China dan Rusia yang ditambahkan ke daftar itu. Rogozin sendiri juga terkena sanksi karena perannya sebagai Wakil Perdana Menteri Rusia pada 2014, saat konflik Rusia dengan Ukraina sebelumnya.

Dari perspektif ruang angkasa militer Rusia, kami telah fokus selama beberapa tahun untuk menggunakan sanksi atau kontrol ekspor untuk mencoba memperlambat dan menunda program luar angkasa mereka, kata Direktur Office of Emerging Security Challenges and Defense Policy di Biro Kontrol Senjata, Verifikasi dan Kepatuhan Departemen Luar Negeri AS, Eric Desautels, selama diskusi panel. Itu termasuk upaya Rusia untuk mengembangkan \'sistem tandingan\' yang disebut mengancam aset luar angkasa AS.

Itulah mengapa kami sangat fokus pada memperlambat dan menunda jenis kerja sama itu untuk memastikan mereka tidak mendapatkan bagian dari Amerika Serikat atau dari sekutu AS untuk membantu mereka membangun sistem itu, kata dia.

Sumber: SpaceNews

Topik Menarik