Menko Luhut Berharap UMKM Serap Anggaran Rp 400 T Belanja Pemerintah

Menko Luhut Berharap UMKM Serap Anggaran Rp 400 T Belanja Pemerintah

Nasional | rakyatku | Kamis, 24 Februari 2022 - 18:00
share

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Makassar pada Kamis (24/2/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Luhut berharap UMKM bisa menyerap anggaran Rp 400 triliun dari belanja pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan meneken belanja pemerintah daerah lewat e-Catalog.

"Nah peran UMKM sangat penting, saya di sini ada program pemerintah segera diresmikan Presiden. Nanti belanja pemerintah itu wajib hukumnya untuk membeli di e-catalog, itu ada Rp 400 triliun," kata Luhut.

Selain itu, Luhut juga menuturkan belanja pemerintah per tahunnya mencapai Rp 1.170 triliun dan tiap tahunnya akan meningkat sekitar Rp 90 milliar.

"Jadi kita hitung ada Rp 400 triliun saja setahun kita bisa belanjakan, itu saya minta BPS hitung, itu akan berdampak pada ekonomi kita 1,17 persen. Jadi 1,1 persen angka yang bisa naik," tambahnya.

Dari angka itu, peran UMKM sangat besar dalam membantu penyerapan belanja pemerintah, juga akan menstimulus tumbuhnya UMKM baru dan penciptaan lapangan pekerjaan.

"Ini merupakan hawa yang bagus untuk UMKM karena itu akan menciptakan puluhan ribu atau ratusan ribu UMKM dan juga ratusan ribu lapangan kerja karena Rp 400 triliun bukan angka yang kecil," bebernya.

Sementara itu, Ketua LKPP Abdullah Azwar Anas menyebut rencana keluarnya aturan baru e-catalog akan membuat para kepala daerah dapat mengelola secara mandiri e-catalog mereka.

Saat ini, telah terdaftar sekitar 150.339 dengan target hingga akhir tahun sampai 1 juta produk dalam e-catalog.

"Bisa di e-katalog semua termasuk aspal, alat berat bisa di e-catalog, semua pekerjaan bisa di e-catalog. Kalau ini sudah e-catalog maka tidak ada lagi kontraktor nyuri aspal," katanya.

Topik Menarik