4 Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Asma

4 Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Asma

Nasional | bukamatanews | Kamis, 24 Februari 2022 - 06:25
share

BUKAMATA- Memiliki penyakit asma bukanlah halangan bagi penderitanya untuk dapat beraktivitas, termasuk berolahraga. Untuk itu, mengetahui tips berolahraga bagi penderita asma sangat diperlukan sebab beberapa olahraga diketahui bisa memicu kambuhnya gejala asma.

Asma memang sering dianggap sebagai penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan ada mitos yang beranggapan bahwa penderita asma tidak boleh berolahraga karena bisa membahayakan. Tentunya anggapan tersebut keliru karena penderita asma sebenarnya masih bisa berolahraga. Hanya saja, sebaiknya penderita asma tidak sembarangan dalam memilih olahraga untuk dilakukan sehari-hari.

Seperti apa jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan oleh penderita asma?

Penderita asma wajib memilih olahraga yang tepat, sebab tidak semua olahraga baik untuk dilakukan jika Anda memiliki asma terlebih jika sering kambuh.

Berikut beberapa jenis olahraga yang tepat bagi pemderita penyakit asma.

1. Jalan Sehat

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga sederhana yang paling mudah untuk dilakukan namun memiliki manfaat yang besar. Berjalan kaki tiga kali dalam satu minggu selama 12 minggu mampu meningkatkan kebugaran tubuh dan mengendalikan asma.

Anda bisa berjalan kaki pada pagi hari di sekitar komplek rumah selama 30 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

2. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang berguna untuk membangun otot-otot pernapasan. Selain itu, berenang juga membantu paru-paru Anda mendapatkan banyak udara hangat dan lembap.

Tidak terlalu lama ketika berenang merupakan tips berolahraga bagi penderita asma. Hal ini dikarenakan dalam beberapa kasus, kandungan klorin di dalam air kolam renang bisa memicu munculnya gejala asma.

3. Bersepeda

Punya hobi bersepeda? Jangan khawatir! Anda tetap bisa bersepeda walaupun memiliki penyakit asma. Namun, pastikan Anda bersepeda dengan kecepatan santai agar tidak kelelahan dan memicu munculnya gejala asma. Kecepatan yang disarankan adalah sekitar 30 km/jam.

4. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah. Tentunya, olahraga ini aman untuk para penderita asma karena sebagian besar gerakan yoga dilakukan untuk melatih olah napas. Selain itu, yoga juga dipercaya dapat membantu mengendalikan gejala asma.

Topik Menarik