Setelah WSBK, UMKM Binaan PLN Peduli Songsong Event MotoGP

Setelah WSBK, UMKM Binaan PLN Peduli Songsong Event MotoGP

Nasional | lombokpost | Rabu, 23 Februari 2022 - 21:24
share

MATARAM -Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal binaan PLN Peduli kembali akan meramaikan event internasional di Sirkuit Mandalika, Maret 2022 nanti. Sebelumnya perhelatan World Super Bike (WSBK) November 2021 lalu telah mendongkrak pemasaran produk mereka.

Gelaran bertaraf international seperti WSBK kemarin menjadi ajang yang sangat membantu promosi produk-produk kami, kata Safwan, ketua Kelompok Tani Sejahtera dengan produk andalannya jahe merah.

Pemasaran produknya melalui event itu menjangkau pasar nasional dan mancanegara. Tantangan yang harus dijawab adalah menyiapkan produk yang bersaing, baik dari sisi tampilan, harga yang relevan, promosi yang menarik, dan produk yang berkualitas.

Selama ini kami dibina melalui PLN Peduli untuk mempersiapkan hal-hal demikian. Mulai dari produk, kualitas produk, izin-izin yang diperlukan dan juga di sisi pemasaran, jelas Safwan.

Ketua Kelompok Lumbung Kreatif Dewi Suci Wulandari mengatakan, event internasional di Sirkuit Mandalika merupakan kesempatan. Kelompok dengan produk andalan telur asin ini pun terpacu untuk menghasilkan produk yang dapat diterima pasar melalui persiapan jumlah kapasitas produk, kualitas packaging, dan yang utama promo produk yang terus menerus.

Kami tidak dapat melewatkan kesempatan ini. Kelompok kami pun sudah menjalin komunikasi dengan dinas terkait tentang persiapan yang harus kami siapkan. Tentunya didukung juga oleh PLN Peduli. Kelompok kami juga harus bisa mandiri, ujar Dewi.

Sementara itu Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP Nusra Otong Sugiono mengatakan, keikutsertaan UMKM, terutama UMKM di bawah binaan PLN Peduli di ajang MotoGP dapat mendongkrak perekonomian daerah. Hal ini merupakan dukungan PLN yang tidak hanya soal energi listrik, tetapi PLN juga menyiapkan UMKM yang mampu membangun kemandirian.

PLN Peduli dari awal membangun dan mengembangkan kelompok-kelompok usah kecil dan menengah melalui pembinaan keterampilan usaha, tata kelola, dan pemasaran. Tentunya UMKM binaan ini sangat siap untuk meramaikan pagelaran besar di Mandalika, katanya.

Otong menambahkan kehadiran PLN Peduli merupakan wujud hadirnya PLN sebagai perusahan milik negara, sesuai dengan visi misinya, yaitu menjadi perusahaan yang mendorong kegiatan ekonomi. (*/r1)

Topik Menarik