Kabar Duka, Ulama Besar Sukabumi KH Ahmad Makki Wafat

Kabar Duka, Ulama Besar Sukabumi KH Ahmad Makki Wafat

Nasional | rm.id | Rabu, 23 Februari 2022 - 11:14
share

Kabar duka menyelimuti warga Sukabumi, Jawa Barat dengan berpulangnyaPengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Babakan Tipar, Kabupaten Sukabumi, KH Ahmad Makki.

Ulama kharismatik yang dikenal luas karenamenerjemahkan sekitar 200 kitab kuning ke dalam Bahasa Sunda inimenghembuskan napas terakhirnya di RS Bunut, Kota Sukabumi,pada Rabu (23/2) pukul 10.00 WIB.

Kabar tersebut awalnya beredar di media sosial warga Sukabumi, salah satunya KH, Khoeir Affandi. "Telah wafat guru kita KH Ahmad Makki. Saya bersaksi beliau adalah tokoh min ahli khoir wal ahli jannah,"

Putra ulama besar Sukabumi, KH Abdullah Mahfuzd ini menjadi rujukan banyak pesantren di seputar Jawa Barat karena menerjemahkan sekitar 200 kitab kuning ke dalam Bahasa Sunda.

Bukunya yang berbahasa Sunda digunakan hampir semua pesantren di Sukabumi. Santrinya tersebar di Jawa Barat dan Banten.

Mulanya penerjemahan kitab itu hanya untuk kalangan santrinya. Namun, kemudian diminta penerbit untuk diperbanyak. Dan ternyata laris di pasaran sehingga ia menerjemahkan kitab lain.

Karena penerbit tersebut kemudian gulung tikar, akhirnya dia membikin penerbitan sendiri yang bernama sama dengan pondok pesantrennya, Assalfiyah.

Almarhum KH Ahmad Maki dikabarkan akan dimakamkan di lingkungan seputar Pondok Pesantren . [IPL]

Topik Menarik