Loading...
Loading…
10 Tempat makan soto di Solo, legendaris dan ramai pengunjung

10 Tempat makan soto di Solo, legendaris dan ramai pengunjung

Nasional | brilio.net | Selasa, 22 Februari 2022 - 13:02

Brilio.net - Soto memang dikenal sebagai salah satu kuliner berkuah di Indonesia yang menawarkan cita rasa gurih dan enak. Berbeda setiap daerah, setiap soto yang disajikan memiliki ciri khasnya masing-masing. Tidak heran apabila sajian sedap ini banyak digandrungi masyarakat.

Di Solo, menu soto memiliki ciri khas dengan kuahnya yang bening dan juga rasanya gurih. Soto di Solo tidak hanya disajikan dengan isian daging ayam, namun juga ada soto dengan irisan daging sapi. Kamu dapat menjumpai aneka sajian soto di berbagai tempat yang tersebar di Solo.

Dari banyaknya penjual soto di Solo, 10 nama tempat makan ini wajib dicoba saat berkunjung ke Solo. Pasalnya, tempat makan soto ini terkenal nikmat dan legendaris. Nggak salah, kalau deretan tempat makan soto di Solo ini nggak pernah sepi pengunjung.

Penasaran apa saja? Berikut BrilioFood jabarkan 10 tempat makan soto yang bisa kamu jadikan referensi jika berkunjung ke kota Solo, diilansir dari berbagai sumber pada Selasa (22/2). 1. Soto Balungan Solo.

foto: Instagram/@kedai_sotobalungansolo

Sajian di tempat makan Soto Balungan Solo ini sedikit berbeda dari menu soto lain. Hal ini terlihat dari adanya tambahan balungan (tulang) sapi di dalam sotonya. Balungan yang dimaksud yakni terdiri dari tulang iga sapi dengan sedikit daging yang menempel di tulangnya.

Baca Juga :
Manjakan Perut! Rekomendasi Kulineran Magelang yang Wajib Dijajal

Kamu bisa menjumpai kedai soto ini di Jl. Markisa No. 5, Karangasem, Laweyan, Surakarta. Buka dari hari Senin sampai Sabtu pukul 10.00-15.00 WIB, kamu bisa menikmati soto nikmat ini dengan harga Rp 13.000 saja 2. Soto Trisakti.

foto: Instagram/@rudycah09

Soto Trisakti merupakan salah satu kuliner legendaris daerah Solo yang perlu untuk dicoba kenikmatannya. Sudah ada sejak 1960-an, Sajian soto di sini dikenal dengan kuah khasnya, yang berasal dari kaldu kaki sapi. Untuk menambah rasa gurihnya, kuahnya dicampur dengan sedikit lemak sapi.

Meski begitu, kuahnya terlihat tetap bening. Soto di sini dilengkapi dengan tambahan irisan daging sapi, tauge dan juga potongan daun seledri. Agar lebih nikmat, biasanya soto disantap dengan tambahan empal yang dibumbu bacem. Berlokasi di Jl. Kalilarang No. 61, Surakarta, harga satu porsi soto di sini yakni Rp 14.000. Tempat makan ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00-15.00 WIB. 3. Soto Gerabah.

Baca Juga :
Megawati dan Jokowi Mau Jadi Presiden, Makan Soto Gading Dulu

foto: Instagram/@kulinersoloenak

Alasan kenapa tempat makan ini dinamai Soto Gerabah karena menu soto di sini disajikan dengan mangkuk dan sendok yang terbuat dari gerabah. Satu mangkuk soto diracik dengan campuran bumbu yang kaya rempah-rempah, kemudian dicampur dengan tambahan nasi dan lauk seperti tempe, perkedel, dan sate telur puyuh.

Untuk menambah citarasanya, lebih baik soto diberi tambahan perasan jeruk nipis dan sambal. Dibanderol Rp 8.000 per porsinya, kamu bisa menikmati soto milik Hari Wiryawan ini dengan alunan musik keroncong. Kedai ini berlokasi di Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 57 Turisari, Mangkubumen, Surakarta. Buka setiap hari dari pukul 06.00-15.00 WIB. 4. Soto Mat Tjangkir.

foto: Instagram/@sotomatjangkirpusat

Berada di Jl. Mt. Haryono No 48, Manahan, Surakarta, Soto Mat Tjangkir menyajikan menu soto khas Semarang. Kuah soto di sini disajikan dengan kuah bening dan tidak keruh.

Terdiri dari tauge, suwiran ayam, mie soun, tomat dan juga nasi, harga satu porsi ini di sini Rp 14.000. Dinamakan Soto Mat Tjangkir karena penyajiannya menggunakan mangkuk kecil seperti bentuk cangkir. Warung soto ini buka setiap hari dari jam 06.00-21.00 WIB. 5. Soto Seger Mbok Giyem.

foto: Instagram/@sotosegeermbokgiyem.id

Soto Seger Mbok Giyem adalah tempat makan soto yang berpusat di Boyolali. Namun kini sudah hadir di Surakarta, tepatnya berlokasi di Jl. Kapten Piere Tendean, Nusukan, Banjarsari, Surakarta. Sajian soto di sini dilengkapi dengan isian daging ayam sebagai bahan utamanya.

Untuk satu porsi soto ayam di sini dihargai Rp 12.000. Agar lebih nikmat, biasanya pengunjung menyantap menu andalan ini dengan sate paru sebagai pelengkapnya. Soto Seger Mbok Giyem buka setiap hari dari pukul 06.00-16.00 WIB. 6. Soto Kirana Jayengan.

foto: Instagram/@sotokirana

Soto Kirana Jayengan merupakan salah satu kedai soto yang legendaris di Solo. Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1982 ini menyajikan soto dengan bumbu yang kaya rempah. Menu soto di sini disajikan dengan daging ayam yang empuk dan kuah soto berwarna kuning kecokelatan.

Tempat makan ini berlokasi di Jl. Moh. Yamin No.8, Jayengan, Serengan, Surakarta. Jam operasionalnya, yakni dari pukul 06.00-15.00 WIB dan buka setiap hari. Harga satu porsi soto enak di sini dibandrol sekitar Rp 12.000. 7. Soto Triwindu.

Baca Juga :
Lebaran Selesai, Kota Bogor Mulai Padat, Kulineran Hingga Wisata

foto: Instagram/@kulinerdisolo

Soto Triwindu merupakan tempat makan soto yang cukup legendaris di Solo. Pasalnya, warung ini berdiri sejak 1939 silam. Soto Triwindu berlokasi di Jl. Teuku Umar RT 01 RW 01, Keprabon, Banjarsari, Solo. Soto di sini disajikan dengan kuah bening dan irisan daging sapi yang sangat empuk.

Tidak hanya itu, menu legendaris ini juga dilengkapi dengan taburan tauge, irisan seledri dan taburan bawang goreng yang gurih. Kamu bisa menikmati satu porsi soto dengan harga Rp 16.000. Soto Triwindu buka setiap hari mulai dari pukul 05.30-15.30 WIB. 8. Soto Bati'ah.

foto: Instagram/@medanfoodblog

Soto Bati'ah berlokasi di Jl. Samratulangi No 33, Manahan, Banjarsari, Surakarta. Tempat makan soto ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu dari pukul 07.00-15.00 WIB. Kedai soto ini identik dengan kuah kaldunya yang gurih dan juga menyegarkan.

Di sini kamu dapat menemukan sejumlah menu pendamping soto seperti tempe, perkedel, sosis, kerupuk, dan lain-lain. Setiap varian soto disajikan dengan harga yang berbeda. Untuk soto sapi dipatok harga Rp 13.000, sedangkan soto ayam seharga Rp 11.000. 9. Soto Ndelik.

foto: Instagram/@ekoadhiyunianto

Soto Ndelik adalah tempat makan soto di Solo yang ramai pengunjung. Sajian soto di sini menawarkan potongan daging sapi yang melimpah. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Adi Sucipto, Kenaiban, Blulukan, Colomadu, Surakarta.

Disajikan dengan kuah kuning yang segar, kamu bisa menikmati soto ini dengan tambahan lauk yang lezat, seperti aneka gorengan hangat. Soto Ndelik buka setiap hari dari pukul 06.30-18.00 WIB. Untuk soto biasa tanpa daging dihargai Rp 7.500 untu satu porsinya. Namun jika kamu ingin makan soto dengan tambahan daging dan iga sapi, kamu bisa menyiapkan uang seharga Rp 18.000. 10. Soto Gading.

foto: Instagram/@sotogading1

Banyak orang mengira Soto Gading sebagai soto yang memiliki sajian menu soto dengan ciri khas tertentu. Padahal sebenarnya, warung soto ini dinamakan gading karena lokasinya yang berada di daerah Gading bagian selatan. Di kedai ini, kamu dapat memilih menu soto dengan dua varian, yakni soto ayam atau soto sapi.

Kuah dari soto ini disajikan dengan kuah kaldu daging yang bening namun kental. Tidak hanya daging, soto ini juga dilengkapi dengan bihun, irisan daun bawang, nasi dan jeruk nipis. Soto Gading bertepatan di Jl. Brigjen Sudiarto No 75, Surakarta. Dibanderol seharga Rp 10.000 per porsi, warung soto ini tidak pernah sepi pembeli dengan waktu buka setiap hari dari pukul 06.00-15.00 WIB.

Original Source

Topik Menarik

{