Progres Proyek Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado Capai 99 Persen

Progres Proyek Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado Capai 99 Persen

Nasional | rm.id | Senin, 21 Februari 2022 - 16:09
share

Progress Proyek Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado yang dikelola PT Angkasa Pura I hingga 20 Februari 2022 telah mencapai 99,20 persen dan ditargetkan selesai pada akhir Februari 2022.

Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado memiliki tujuan untuk mendukung Destinasi Super Prioritas (DSP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang di Provinsi Sulawesi Utara secara berkelanjutan. Pengembangan Bandara Sam Ratulangi berfokus pada perluasan dan beautifikasi terminal eksisting, perluasan gedung terminal baru, serta penambahan sarana infrastruktur bandara, ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Perluasan terminal meliputi area check - in , boarding lounge , make - up area (untuk penanganan bagasi penumpang), penambahan unit toilet, serta beautifikasi area boarding lounge , check - in , dan lobby.

Sedangkan perluasan terminal baru, dilakukan melalui pembuatan area imigrasi, karantina, bea cukai dan boarding lounge keberangkatan dan kedatangan domestik serta internasional.

Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado sekaligus meningkatkan luas terminal penumpang dari hanya 26.481 meter persegi dengan kapasitas 2,6 juta penumpang per tahun menjadi 57.296 meter persegi atau dapat menampung hingga 5,7 juta penumpang per tahun, kata Faik Fahmi.

Dari segi fasilitas, Bandara Sam Ratulangi Manado dilengkapi dengan fasilitas modern mulai dari penambahan aviobridge yang semula 4 unit menjadi 6 unit.

Konter check - in dari 30 unit menjadi 45 unit. Sedangkan untuk segi infrastruktur, dilakukan perluasan akses jalan bandara, toll gate, sewage treatment plant , perluasan water house , penambahan kolam retensi & rain water tank dan perluasan area parkir yang semula dapat menampung 350 kendaraan roda empat nantinya dapat menampung hingga 650 kendaraan. Dan roda dua yang semula dapat menampung 734 unit menjadi 760 unit.

Secara umum, desain terminal Bandara Sam Ratulangi Manado mengkombinasikan konsep tradisional dan modern.

Sentuhan tradisional berupa motif batik Tarawesan Pareday yang tercipta dalam bentuk geometris (pakarisan) yang menyerupai sebuah perulangan garis sebagai representasi sebuah simbol gelombang kehidupan manusia yang hadir dari dua arah, yaitu arah atas dan bawah.

Dukung Peningkatan Pariwisata

Bandara Sam Ratulangi Manado terletak di lokasi strategis & menghubungkan ke berbagai destinasi wisata favorit wisatawan domestik dan mancanegara seperti Bunaken, Danau Linow, Air Terjun Ratahan Telu, Desa Woloan, dan Pantai Likupang.

Faik menegaskan, Angkasa Pura I berkomitmen untuk mendukung pengembangan pariwisata secara berkelanjutan di Provinsi Sulawesi Utara melalui penyediaan area promosi pariwisata berupa panggung untuk pentas seni musik dan tarian daerah di ruang tunggu.

Selain itu, di ruang tunggu penumpang tersedia TV display yang dipergunakan untuk menayangkan video promosi pariwisata daerah.

"Kami juga akan menempatkan Tourist Information Center yang berada di area keberangkatan internasional Bandara Sam Ratulangi Manado, tambah Faik Fahmi.

Sebagai informasi, pada tahun 2021, Bandara Sam Ratulangi Manado melayani 12.065 pergerakan pesawat, dimana 11.672 diantaranya merupakan penerbangan domestik, dan 393 penerbangan internasional.

Di tahun yang sama, Bandara Sam Ratulangi Manado juga melayani 925.017 pergerakan penumpang, yang terdiri dari 906.916 penumpang domestik dan 18.101 penumpang internasional.

Untuk kargo, di tahun 2021 Bandara Sam Ratulangi Manado melayani 16.577 ton kargo, yang terdiri dari 16.065 ton kargo domestik dan 511 ton kargo internasional. [FAZ]

Topik Menarik