Pembaruan Chrome, Edge, dan Firefox Buat Pengguna tak Bisa Akses Situs-Situs Ini

Pembaruan Chrome, Edge, dan Firefox Buat Pengguna tak Bisa Akses Situs-Situs Ini

Nasional | republika | Senin, 21 Februari 2022 - 12:48
share

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Browser Chrome, Edge, dan Firefox akan segera mencapai versi 100. Hal tersebut mungkin tampak seperti pencapaian yang bagus. Namun, pembaruan itu juga dapat menyebabkan kekacauan, yakni mencegah penggunanya mengakses situs tertentu.

Dilansir dari Phone Arena , Senin (21/2/2022), sebagian besar situs web memeriksa untuk melihat versi browser mana yang Anda gunakan. Banyak situs tidak bekerja dengan versi peramban yang lebih lama karena khawatir bahwa mereka kurang aman daripada versi yang lebih baru, dan ini masuk akal.

Jadi ketika ketiga browser ini mencapai nomor versi tiga digit (100 ada tiga digit angka-red), banyak situs web populer tidak akan bekerja dengannya. Menurut BGR , pengujian telah menunjukkan situs web yang tidak akan berfungsi dengan Chrome, Firefox, dan Edge versi 100 akan mencakup Yahoo, Bethesda, T-Mobile, dan HBO Go.

Hal itu karena sampai sekarang, hanya versi dua digit dari browser ini yang tersedia. Dengan situs web lama yang hanya dapat membaca dua digit pertama dari nomor versi, Firefox, Chrome, dan Edge akan tampak menggunakan versi 10 untuk situs web ini dan memblokir browser yang terpengaruh untuk mengakses halaman ini.

Google dan Microsoft akan merilis versi ke-100 Chrome dan Edge masing-masing, pada 29 Maret. Mozilla Firefox akan mencapai tiga digit pada 3 Mei. Ketiga perusahaan tersebut pun telah memiliki rencana cadangan.

Misalnya, Google berencana menggunakan tanda yang akan membekukan Chrome di versi utama 99. Nomor versi utama yang sebenarnya akan muncul di versi minor dari User-Agent string (UA string digunakan oleh server web untuk menentukan browser yang digunakan, versi browser, dan sistem operasi yang digunakan). Dengan demikian, masalah masih dapat terjadi dengan rencana pencadangan ini yang memaksa Google untuk terus mengujinya.

Rencana Microsoft tidak diketahui. Sementara Mozilla berencana memperbaiki situs web yang rusak dengan menggunakan teknik intervensi untuk memperbaiki situs ini (dengan kata lain, perbaikan terbaru). Jika masalah menjadi terlalu parah, versi utama Firefox dapat dibekukan di bawah tanda 100.

Jika Anda ingin beralih ke browser yang tidak terpengaruh, di iOS, Opera Browser berfungsi dengan baik.

Implikasi dari pembaruan ini salah satunya adalah bahwa browser memaksa pengembang web untuk meningkatkan versi agar dapat menerima nomor versi tiga digit. Beberapa pengembang telah melakukan ini, tetapi yang lain belum. Anda dapat melihat beberapa situs web lain yang tidak siap untuk nomor versi tiga digit dengan membuka pelacak ini.

Anda akan melihat bahwa halaman Daimler.de Jerman tidak mendukung versi 100 dari Edge. Petalmail.com tidak akan bekerja dengan versi 100 Firefox dan Chrome. Dan Brownells.com tidak akan berfungsi di Chrome dan Firefox versi 100. Ini hanyalah beberapa situs yang akan terpengaruh.

Topik Menarik