Loading...
Loading…
Presiden Jokowi Lantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas

Presiden Jokowi Lantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas

Nasional | sindonews | Senin, 21 Februari 2022 - 11:55

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Widjajanto Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menggantikan Agus Widjojo. Andi ditunjuk sebagai Gubernur Lemhannas berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 21 P tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubenur Lemhannas.

Pelantikan Gubernur Lemhannas dihadiri oleh Wakil Presiden Ma\'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Semua orang yang hadir dalam pengambilan sumpah itu mengenakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara. Bersediakah saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?," tanya Jokowi, Senin (21/2/2022).

"Bersedia," jawab Andi Widjajanto.

"Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Kiranya Tuhan menolong saya" demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti Andi Widjajanto.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Andi Widjajanto merupakan penasihat senior Kantor Staf Presiden (KSP) sejak 4 Februari 2020 silam. Ia dahulunya merupakan pakar pertahanan atau pengamat militer.

Andi Widjajanto menamatkan pendidikan S-1 di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan program pascasarjana di National Defense University, di Washington DC, Amerika Serikat. Andi Widjajanto juga terlibat dalam tim pemenangan Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019.

Original Source

Topik Menarik