Qodari: Sudah Tepat Andi Widjajanto Jadi Gubernur Lemhannas

Qodari: Sudah Tepat Andi Widjajanto Jadi Gubernur Lemhannas

Nasional | rm.id | Senin, 21 Februari 2022 - 11:34
share

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyatakan, dipilihnya Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dinilai sudah tepat. Qodari membeberkan 3 alasan kenapa Andi layak di posisi itu.

Penunjukkan Andi sangat tepat, karenapertama-tama beliau ahli di bidang pertahanan. Jadi core competency-nya itu sesuai dengan lembaganya, ujar Qodari, Senin (21/2).

Menurut Qodari, meskipun Andi dari sisi usia relatif muda, tapi memiliki kompetensi yang lengkap, baik secara konsep maupun teknis. Selain sosok akademisi dan pengamat militer yang fokus pada kajian pertahanan dari kalangan sipil, dia juga mampu berbicara mengenai konsep dan teknis persenjataan.

Dia (Andi) satu di antara sangat sedikit pengamat pertahanan militer dari kalangan sipil yang bisa berbicara teknis persenjataan. Dia itu hafal tuh jenis-jenis senjata, kebutuhan senjata seperti layaknya seorang militer, ucapnya.

Kedua, lanjut Qodari, Andi memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Andi pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet periode 2014-2015 di masa pemerintahan Jokowi periode pertama, lalu pada tahun 2016, diangkat menjadi penasihat Senior Kepala Staf Kepresidenan.

Sehungga, masukan dan saran dari Lemhanas itu nanti akan memiliki relevansi yang tinggi dengan pembuat kebijakan dan pengambilan keputusan, beber Qodari.

Ketuga, Qodari menganggap Andi banyak berpikir dan terlibat dalam membuat perencanaan kebijakan publik di Indonesia untuk menuju Indonesia Emas 2024.

Dia bisa membuatkan road map memperkuat pembangunan dalam kerangka Indonesia Emas, dan dia bisa membangunnya lewat institusi Lemhanas jelasnya.

Qodari meyakini, Lemhannas akan menjadi lembaga yang berpengaruh dan penting dalam pengambilan kebijakan pemerintah ke depan.

Saya punya keyakinan, ke depan Lemhannas ke depan akan sangat berpengaruh dan penting dalam pengambilan keputusan di pemerintahan, karena kedekatan Andi denganPresiden, pungkasnya.

Presiden Jokowi telah menunjuk Andi Widjajanto menjadi Gubernur Lemhannas yang akan resmi dilantik Senin, 21 Februari di Istana negara. [ REN ]

Topik Menarik