Raja Majapahit Ini Dianggap Paling Fenomenal, Siapa?

Raja Majapahit Ini Dianggap Paling Fenomenal, Siapa?

Nasional | riau24.com | Senin, 21 Februari 2022 - 06:08
share

RIAU24.COM- Siapa yang tidak mengenal Kerajaan Majapahit? Imperium ini merupakan salah satu monarki terbesar yang pernah ada di Nusantara.

Semua orang juga pasti sudah mengetahui jika Kerajaan Hindu-Buddha di Jawa Timur ini berdiri pada abad ke-13 dan mencapai masa kejayaannya pada abad ke-14.

Meskipun seperti itu masih jarang orang yang mengetahui siapa raja Majapahit yang diangap paling fenomenal.

Dikutip dari okezone.com, raja yang dianggap paling fenomenal itu adalah Raden Wijaya (1293 1309). Dia sendiri merupakan raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit.

Selain menjadi raja pertama, alasan dia dianggap paling fenomenal diantara raja-raja lainnya yakni tentang perjalanan hidupnya.

Meskipun terlahir keturunan bangsawan Sunda dan Jawa tulen, Raden Wijaya enggan mewarisi takhta Kerajaan Sunda Galuh.

zxc1

Ia memilih untuk pergi ke Kerajaan Singasari dan mengabdi selama masa pemerintahan Raja Kertanegara. Ia menikahi empat putri Raja Kertanegara, yakni Tribhuwaneswari, Narendraduhita, Jayendradewi, dan Gayatri.

Tribhuwaneswari dijadikan permaisuri, sementara yang lain menjadi selir. Pada 1292, Raden Wijaya gagal menyelamatkan Singasari dari keruntuhan. Terjadi pemberontakan terhadap Kerajaan Singasari.

Kitab Pararaton mengisahkan bahwa Jayakatwang mengirim pasukan Jaran Guyang untuk menyerang Singasari dari utara.

Di bawah perintah Raja Kertanegara, Singasari pun memimpin pasukan untuk melawan serangan Jayakatwang. Namun, Jaran Guyang hanyalah taktik Jayakatwang untuk bisa mengalihkan perhatian Raden Wijaya agar pertahanan inti di Singasari kosong.

zxc2

Begitu Jayakatwang mengirim pasukan lain yang jauh lebih besar, Raden Wijaya tidak ada di sana untuk mencegah. Kerajaan Singasari berhasil diduduki Jayakatwang dan Raja Kertanegara terbunuh.

Akibat kematian Raja Kertanegara, pasukan pimpinan Raden Wijaya tercerai-berai. Raden Wijaya lalu melarikan diri ke hutan di sekitar aliran Sungai Rambas.

Di dekat Sungai Rambas itulah, Raden Wijaya membangun sebuah desa yang kemudian menjadi Majapahit. Ia kemudian berhasil membalaskan dendam kematian mertuanya itu dengan mengalahkan Jayakatwan.

Raden Wijaya secara resmi mendirikan Kerajaan Majapahit pada 1293 dengan pusat pemerintahnya berada di Mojokerto.

Topik Menarik