Kereta Api Relasi Stasiun Garut-Pasar Senen Mulai Diuji Coba

Kereta Api Relasi Stasiun Garut-Pasar Senen Mulai Diuji Coba

Nasional | jawapos | Minggu, 20 Februari 2022 - 19:15
share

JawaPos.com Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan, harga tiket kereta api (KA) kelas ekonomi untuk relasi Stasiun GarutPasar Senen, Jakarta, akan dikenakan sebesar Rp 41.000.

Tarif Stasiun Garut ke Pasar Senen dengan tarif sekitar Rp 41 ribu, kata Rudy seperti dilansir dari Antara saat uji coba kereta api relasi Stasiun GarutPasar Senen di Garut, Jawa Barat, Minggu (20/2).

Saat ini, kereta api komersial relasi Stasiun GarutPasar Senen sedang dilakukan uji coba sebelum diberi izin operasional Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jalur Stasiun GarutCibatu yang baru selesai pembangunan reaktivasinya itu, akan beroperasi tiga pemberangkatan kereta api kelas ekonomi setiap hari.

Tiga kereta api komersial itu, menurut bupati, selain relasi Stasiun GarutPasar Senen, ada juga GarutPadalarang, dan GarutPurwakarta. Lalu dalam sepekan dua kali melayani rute kereta api eksekutif Stasiun GarutGambir Jakarta.

Tiga pemberangkatan dalam satu hari yaitu kereta api jurusan Garut langsung menuju ke Pasar Senen, jurusan kereta api Cibatuan itu sampai dengan Padalarang, dan jurusan kereta api dari Garut sampai ke Purwakarta, jadi ada kereta api tiga di Garut, terang Rudy.

Dia berharap, sebelum Hari Raya Idul Fitri kereta api relasi ke Garut sudah bisa beroperasi melayani masyarakat umum. Sehingga, orang dari Jakarta yang mau mudik bisa menggunakan kereta api tanpa harus terjebak kemacetan di jalan.

Insya Allah sebelum Lebaran, kita sudah ada kereta api dari Jakarta ke Garut. Jadi kalau ada bapak-ibu punya anak di Jakarta, Lebaran enggak usah macet-macetan, ini kapasitasnya 500 orang, papar Rudy.

Selama menunggu izin keluar, kata bupati, PT KAI pada 23 Februari akan mengoperasikan kereta api perjalanan Stasiun GarutCibatu bagi masyarakat umum secara gratis.

Mulai Rabu (23/2), ada perjalanan kereta api GarutCibatu gratis, kurang lebih (uji cobanya) satu bulan, tutur Rudy.

Bupati mengajak masyarakat menggunakan jasa transportasi kereta api sebagai transportasi pilihan untuk bepergian ke luar kota yang aman, nyaman, dan tepat waktu. Saya berharap bisa digunakan karena murah, waktunya tepat waktu, ayo gunakan kereta api sarana transportasi aman, murah, dan nyaman, ucap Rudy.

Topik Menarik