Ada SMA Baru di Konkep

Ada SMA Baru di Konkep

Nasional | telisik.id | Minggu, 20 Februari 2022 - 14:10
share

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Jika sebelumnya warga Mosolo Raya Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kesulitan menyekolahkan anaknya ke jenjang SMA, kini impian agar SMA ada di wilayah itu benar-benar telah terwujud.

Unit Sekolah Baru (USB) SMA Negeri 2 Wawonii Tenggara telah dibangun melalui APBD Provinsi Sultra tahun 2021. Namun untuk tahap awal, Pemprov Sultra baru membangun dua gedung, yakni gedung Ruang Kelas Belajar (RKB) beserta mobilernya dan gedung kantor SMAN 2 Wawonii Tenggara yang dilengkapi dengan perabotannya.

Pemprov Sultra melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar untuk membangun USB SMAN 2 Wawonii Tenggara yang terletak di Desa Sinaulu Jaya itu.

Tepatnya Jumat (18/2/2022) lalu, gedung SMAN 2 Wawonii Tenggara diresmikan langsung oleh Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio yang didampingi Ketua Komisi 1 DPRD Sultra, Rifqi Saifullah Razak dan anggota Komisi IV DPRD Sultra, Abdul Rasyid Syawal. Turut hadir pula Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Konkep, Safiudin Alibas.

Kedatangan Kadikbud Sultra bersama rombongan itu disambut hangat oleh warga Mosolo Raya yang diikuti dengan pengalungan bunga dan pengguntingan pita peresmian sekolah. Ratusan warga antusias menghadiri agenda peresmian gedung baru SMAN 2 Wawonii Tenggara yang telah berpuluh-puluh tahun diidam-idamkan itu.

Dalam sambutannya, Asrun Lio mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada warga Kecamatan Wawonii Tenggara, khususnya Mosolo Raya yang telah ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan kehadiran USB SMAN 2 Wawonii Tenggara.

Menurut Asrun Lio, setelah dibangun gedung RKB dan kantor ini maka selanjutnya akan dilakukan penataan halaman.

"Setelah gedungnya selesai maka pasti kita butuh penataan halaman, karena kalau halaman gedungnya tidak ditata ya bagaimana orang bisa tertarik masuk ke sekolah ini," ujar Asrun Lio.

Selain penataan halaman, lanjut Asrun Lio, hal yang prioritas selanjutnya yakni pembangunan pagar sekolah. Namun kata dia, semua ini bisa terwujud apabila ada dukungan penuh dari DPRD Provinsi Sultra. Sehingga kehadiran dua anggota dewan di acara peresmian ini menjadi peluang tersendiri agar bisa memperjuangkan penganggarannya di meja DPRD Sultra.

Halaman ini masih luas kalau kita menambah beberapa lokal lagi, yang penting sekolah punya rencana dan proposal supaya gampang diproses, tapi tentu semua ini butuh dukungan dari DPRD, ucapnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Sultra, Abdul Rasyid Syawal, mengaku siap memperjuangkan segala program-program pendidikan yang dianggap prioritas pembangunan, termasuk pembangunan sektor pendidikan di wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan.

Kita siap perjuangkan dan kawal segala program-program pendidikan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Apalagi wilayah Konkep ini, tentu masih banyak butuh sentuhan anggaran dari APBD Provinsi Sultra, ucap Rasyid Syawal.

Tempat sama, Kepala SMAN 2 Wawonii Tenggara, Drs. Haryono, M.Si, sangat menaruh harapan agar selanjutnya dibangun lagi tambahan ruang kelas belajar, dan gedung-gedung sarana penunjang lainnya agar sekolah yang baru dibangun tersebut dapat sejajar dengan sekolah-sekolah lain.

Kami berharap penuh agar Pemprov Sultra bisa memprogramkan gedung sarana penunjang lainnya. Kami juga mengharapkan dukungan penuh dari Pak Rifqi selaku anggota DPRD Dapil Konkep, dan Pak Rasyid Syawal selaku anggota komisi IV di DPRD Sultra, harap Haryono. (A)

Reporter: Kardin

Topik Menarik