Sangat Berisiko, Golongan Komorbid dan Lansia Dihimbau Isolasi Terpusat Bila Terpapar Covid

Sangat Berisiko, Golongan Komorbid dan Lansia Dihimbau Isolasi Terpusat Bila Terpapar Covid

Nasional | wartaekonomi | Minggu, 20 Februari 2022 - 06:02
share

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat yang mempunyai komorbid dan lansia yang terpapar Covid-19 agar melaksanakan isolasi terpusat.

Menurutnya, isolasi terpusat sangat baik dari sisi pengobatan maupun pelayanan tenaga medis. "Khususnya memiliki komorbid walaupun gejala ringan kita sarankan di isolasi terpusat karena memang tenaga kesehatan, obat-obatan, perawatan dan pengawasannya jauh lebih baik. Walaupun kita tahu secara umum tingkat fatalitas maupun kematian masih rendah tapi tetap berisiko bagi masyarakat lansia komorbid dan juga vaksinasi belum lengkap," tegas mantan Kapolda Banten tersebut saat meninjau tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.

Selain itu Kapolri turut mengimbau agar masyarakat yang terpapar Covid-19 tak melakukan isolasi mandiri (isoman). Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

"Saya imbau masyarakat yang dirumahnya untuk melaksanakan isolasi mandiri secara persyaratan kurang memenuhi, kita sarankan lebih baik dirawat di isoter," jelas Kapolri.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, angka harian Covid-19 varian Omicron saat ini sudah melampaui angka harian varian delta. Untuk itu, perlu strategi dan penanganan khusus agar angka harian Covid-19 kembali landai.

"Salah satunya dengan memotong kecenderungan terjadinya penularan salah satunya memisahkan masyarakat yang terpapar bisa dirawat dengan khusus sehingga tak ada risiko penularan, Ucapnya.

Topik Menarik