Toko Sepanjang Malioboro Dicat Putih

Toko Sepanjang Malioboro Dicat Putih

Nasional | radarjogja | Jum'at, 18 Februari 2022 - 09:00
share

RADAR JOGJA Penataan kawasan Malioboro dikebut oleh Pemprov DIJ pasca dipindahnya pedagang kaki lima (PKL) ke lokasi baru yakni Teras Malioboro 1 dan 2. Toko-toko yang berada di sepanjang jalan Malioboro dicat ulang dengan warna senada, yakni warna putih tulang. Pemilihan warna ditentukan untuk mengembalikan wajah Malioboro sesuai fasadnya.

Pemilik toko sudah sanggup untuk mengecat sendiri, mereka meminta kode cat untuk mulai mengecat toko, termasuk mal (Malioboro), ujar Sekretaris Provinsi (Sekprov) DIJ Kadarmanta Baskara Aji kemarin (17/2).
Penataan dan perbaikan dimulai dari Bank BPD DIJ di sisi sebelah barat sedangkan di sisi timur dimulai dari depan Hotel Inna Malioboro. Perbaikan terus berjalan dan hingga saat ini sudah sampai di depan Teras Malioboro 2 berlanjut hingga titik Nol Jogja. Saya lihat perbaikan sudah sampai di dekat kantor DPRD DIJ, kami terus lakukan percepatan, ujarnya.
Perbaikan yang dilakukan meliputi penataan keramik di trotoar yang rusak, perbaikan selasar, kursi dan tempat sampah yang rusak dan kotor serta membersihkan sisa kotoran minyak goreng serta sisa makanan.
Pengembalian ke fasad Malioboro sudah mulai dilakukan, kursi-kursi sudah mulai diperbaiki dan diplitur. Lalu tegel (keramik) yang sudah grepes (retak) juga sudah diperbaiki. Trotoar yang kebak lengo (penuh minyak goreng) juga dipoles dan dibersihkan, jelasnya.
Lebih lanjut, Aji mengatakan setelah perbaikan fisik, kawasan Malioboro akan dijadikan tempat menggelar berbagai kegiatan kesenian termasuk galeri seni dan street art di sepanjang Malioboro. Jadi malioboro akan nyaman bagi pejalan kaki dan wisatawan, imbuhnya.
Sebelumnya Walikota Jogja, Haryadi Suyuti memastikan kawasan Malioboro akan semakin bersih, nyaman, tertib dan indah serta menjadi kawasan atraksi kesenian yang dapat menarik banyak pengunjung. Dalam waktu tiga bulan bersama-sama menata malioboro menjadi kawasan yang indah, bersih, nyaman untuk semua pengunjung malioboro, ujarnya. (cr4/bah)

Topik Menarik